Guru Mukhyar tgl 26 agustus 2015

Sholat sunnah tahiyatul masjid sunnah muakkadah 2 rakaat.

Walau khotib berkhutbah tetap disuruh sholat sunnah tahiyatul masjid. Apabila melakukan sholat fardhu tidak mengapa tidak mengerjakan sholat tahiyatul masjid.

Di arab semua masjid, tapi tidak semua masjid dipakai untuk sholat jumat. Musholla tdk ada adzan yg pasti untuk sholat lima waktu. Langgar biae dianggap masjid. Sunnah tahiyatul masjid. Menurut imam al ghazali jika tidak sholat tahiyatul masjid, maka membaca tasbih 4 kali. Bisa ditambah doa kifaratul majelis.

Adapun sholat wudhu itu 2 rakaat setelah berwudhu langsung sholat. Nabi mengatakan bahwa beliau masuk ke dalam surga beliau melihat bilal di surga. Nabi menanyakan bagaimana kamu mendahului aku masuk ke surga. Bilal mengatakan bahwa tiada ia berhadats kecuali berwudhu lalu sholat 2 rokaat.

Adapun sholat ketika masuk rumah atau keluar rumah. Sabda Nabi jika keluar engkau dr tempat kediamanmu sholat 2 rokaat niscaya mencegah keluarmu itu dari yang buruk.
Begitu juga ketika masuk rumah.

Adapun istikhorah apabila engkau mencita akan.

Rokaat pertama fatihah dan qul ya aayuhal kafirun lalu rokaat kedua fatihah dan qul huwallahu ahad. Doa istokhorah ada doa yg khusus. Tapi surah yg dibaca tadi tidak ada ketentuan khusus.
Tidak akan salah orang yg istikhorah. Tidak dipersalahkan orang yg bermusyawarah.
Siapa yg diberikan rasa syukur tidak dicegah baginya tambahan. Siapa yg hendak bertaubat pasti diterima taubatnya. Siapa yg ber istikhorah pasti akan dapat kebaikan hasil istikhorahnya. Siapa yg musyawarah maka tidak tercegah baginya kebenaran.


0 Komentar:

Posting Komentar