Pasal minta hujan
Maka apabila kering perigi atau ketiadaan hujan maka sunnat pemimpin menyuruh orang2 puasa sunnah 3 hari. Dan semampunya mengeluarkan sedekah. Melepaskan burung-burung dan menghentikan kezaliman.

Kemudian pada hari ke 4 keluar ke padang, dalam keadaan puasa. Sunat keluar orang2 tua dan anak2 berpuasa juga. Memakai pakaian yg buruk2. Dan dibawa juga binatang2 ternak.

Setelah selesai sholat istisqa sunnah khutbah 2 kali. Di awal khutbah pertama baca istighfar 9 kali dan khutbah kedua 7 kali istighfar. Sunnah membanyakkan istighfar dalam khutbah.

Sunnah berdoa khusus pada khutbah pertama (guru membacakan doa yg sulit saya hafalkan sekarang ini).

Pada rakaat pertama takbir 7 kali dan rakaat kedua takbir 5 kali.

Pada waktu khutbah khatib berdoa dengan memaling selendang (surban) yg dipakainya. Yg asalnya sebelah kanan jadi kiri, muka jadi belakang, atas jadi bawah. Selendang itu dipakai hingga pulang ke rumah.

Pasal sholat jenazah

Hukumnya fardhu kifayah. Sunnah membanyakkan orang2 yg ikut jamaah sholat jenazah.

Tiadalah dari seorang yg muslim maka berdiri 40 laki2 yg tidak menyekutukan Allah sedikit juapun kecuali diberi syafaat atas itu mayyit.

Rukun ada 7:  niat, 4 takbir, membaca fatihah, berdiri jika kuasa, shalawat atas Nabi Saw setelah takbir ke2, doa bagi mayit setelah takbir ke3, salam yg pertama.

Letak Imam jika mayitnya laki2 berbetulan kepala atau bahu. Sedang jika mayitnya perempuan maka Imam berbetulan di perut mayat.

0 Komentar:

Posting Komentar