Kekuatan Kepribadian []

Tomas Rivera Elementary School adalah tempat yang paling menarik untuk mengajar dan tempat yang sangat produktif untuk belajar. Bagaimana sekolah yang relatif baru ini (dibuka pada musim gugur tahun 1995) menjadi tempat yang positif begitu cepatnya? Beberapa sumber berpengetahuan akan ragu-ragu untuk mengatakan bahwa Kepala Susan Baltagi adalah yang memicu sukses di Rivera. Kepribadian kuat nya membantu menjaga semua orang di trek yang bagus. Peran penting yang dimainkannya dalam budaya keunggulan adalah komitmen yang tak tergoyahkan pada kualitas. Komitmen ini pertama kali dibuktikan dalam cara dia mengumpulkan kader guru yang siap, bersedia, dan mampu menciptakan sebuah organisasi pembelajar.

Dalam kepemimpinannya, Susan terpikat dengan apa yang disebutnya "aksi berbasis riset". Dia mendorong para guru di sekolahnyauntuk melakukan penyelidikan atas bidang-bidang praktek yang mereka minati,
dan ia menemukan cara untuk mendorong berbagi pekerjaan, baik di dalam gedung dan di sekitar distrik


KepribadianSaat pertama kali ada rencana membuka sekolah, Susan memutuskan bahwa tindakan berbasis penelitian akan menjadi prinsip utama kerja di sekolah. Dia bernegosiasi dengan departemen sumber daya manusia tentang pengumuman pekerjaan yang digunakan untuk merekrut para guru. Minat dalam melakukan penyelidikan pada pengajaran menjadi prasyarat bagi yang akan mengajar di Rivera. Dia bertekad untuk membuat "aksi berbasis riset" (action-based research) sebagai sebuah ekspektasi pekerjaan. Jika pelamar tidak memenuhi harapannya, tidak ada kesempatan wawancara baginya. Susan menjadikan mereka tahu bahwa semua orang di Rivera akan melakukan penelitian tindakan kolaboratif. Akibatnya, mereka yang tidak tertarik dalam melakukan penelitian tentang pengajaran dan pembelajaran akan segera undur diri.

Orientasi action-based research wajib dihadiri oleh staf yang baru sebelum sekolah dibuka. Para pengajar diberikan penekanan. Isu-isu validitas, reliabilitas dan triangulasi. Susan menegaskan keyakinannya bahwa setiap orang akan menemukan beberapa aspek dari pengajaran dan pembelajaran sebagai investasi dari energi intelektual mereka. Susan tidak memaksakan agenda penelitian tertentu pada guru. Selama itu penting bagi perkembangan anak Rivera, penelitian nya akan didukung.

Saya mendapat kehormatan bekerja sama dengan fakultas Rivera sepanjang tahun pertama dan mengalami perasaan keberhasilan, kolegialitas, dan kerja sama tim yang dikembangkan sepanjang tahun.

Sebelum sekolah dibuka, para guru memilih fokus awal untuk penelitian mereka dan mengorganisir diri ke dalam tim penelitian. Antusiasme yang berhubungan dengan tugas-tugas ke depan, khususnya isu-isu yang terlibat dengan pembukaan sekolah baru, jelas terlihat. Selain itu, ada lebih dari sejumlah kecil kekhawatiran tentang semua harapan tindakan berbasis penelitian. 


Tak lama setelah istirahat musim dingin, pada saat kelompok peneliti telah mempunyai banyak data untuk analisis, hal yang signifikan terjadi. Tom Barrett, seorang spesialis evaluasi, menghabiskan hari di sekolah untuk bekerja dengan para guru peneliti. Beberapa kelompok guru mendekati Tom dengan pertanyaan tentang bagaimana mereka dapat mengatur dan memahami data mereka. Tom menggulung lengan bajunya dan memberikan lokakarya dadakan untuk menggunakan perangkat lunak database dan spreadsheet untuk menampilkan, mengatur, dan menganalisis data kelas. Dia berjanji selalu bersedia untuk memberikan bantuan teknis yang diperlukan. 

Tidak berlebihan bahwa asistensi dalam hal ini menjadi sesuatu yang penting. Pesan yang bisa diambil adalah para guru peneliti yang sibuk tersebut tidaklah bekerja sendirian. Nyatanya, Tom, Susan, dan Debbie Mestas (Asisten Susan), telah mempraktekkan "servant leadership" (kepemimpinan yang melayani pada perjalanan proyeknya. Perilaku para pemimpin ini menjelaskan bahwa menolong para guru Rivera telah berhasil mengantarkan proyek itu pada prioritas yang utama.Lebih dari itu, hal tersebut juga merupakan aspek yang paling memuaskan dari pekerjaan mereka. 


Dalam penelitian Proyek LEARN dengan sekolah yang melaksanakan penelitian tindakan kolaboratif, kita telah melihat pola ini diulang lagi dan lagi. Ketika dorongan untuk penelitian tindakan diprakarsai oleh administrator, keberhasilan dan umur panjang dari usaha secara langsung berkaitan dengan dukungan (tangible dan emosional) bahwa guru terima dari ers memimpin mereka. Ketika guru merasa bahwa upaya penelitian mereka diakui dan dihargai oleh administrator bangunan, mereka lebih dari bersedia untuk bekerja ekstra. Sebaliknya, itu adalah taruhan yang aman bahwa guru akan menghindari melakukan tugas-tugas (seperti action research) yang muncul tangensial kapan dan jika pekerjaan yang tampaknya tidak dihargai atau dihargai oleh supervisor mereka. Itu musim dingin pertama di Rivera menunjukkan dengan jelas bahwa ketika akan mendapat kasar, dukungan menjadi berlimpah!

Dalam Proyek penelitian LEARN dengan sekolah yang melaksanakan penelitian tindakan kolaboratif, kita telah melihat pola ini diulang lagi dan lagi. Ketika dorongan untuk penelitian tindakan diprakarsai oleh administrator, keberhasilan dan umur panjang dari usaha secara langsung berkaitan dengan dukungan (tangible dan emosional) yang guru terima dari pemimpin mereka. Ketika guru merasa bahwa upaya penelitian mereka diakui dan dihargai oleh administrator bangunan, mereka lebih dari bersedia untuk bekerja ekstra. Sebaliknya, itu adalah guru akan menghindari melakukan tugas-tugas (seperti action research) jika pekerjaan tampaknya tidak dihargai oleh supervisor mereka. Musim dingin pertama di Rivera menunjukkan dengan jelas hal itu.

Tanggal 29 April 1996, Rivera menjadi tuan rumah pertama Tomas Rivera Educational Research. Konferensi ini berlangsung pada hari pengembangan staf. Masing-masing tim peneliti mempresentasikan karya mereka kepada peserta dari kabupaten, kabupaten tetangga, dan universitas setempat. Mereka berhasil mencapai sesuatu yang baru dan mengatasi ketakutan mereka, mereka bersulang telah melahirkan komunitas belajar.

Seperti perkembangan musim semi dan musim panas. Salah satu guru terpilih sebagai "beginning teacher of the year" tingkat kabupaten,  sekolah diminta untuk berbagi model pengembangan staf dengan sekolah-sekolah di kabupaten lainnya, dan pendekatan unik diadopsi sebagai model kabupaten. Meskipun staf menerima setiap validasi eksternal dengan penghargaan yang besar, itu tidak memuuaskan mereka sebagaimana menjadi bagian dari tim yang telah mereka buat. Selain itu, keberhasilan siswa mereka pada tes negara bagian, yang dihasilkan dari kerjasama tim, adalah bukti kesaksian yang kuat dari keberhasilan kolektif mereka.
 


0 Komentar:

Posting Komentar