Membereskan buku-buku dan berkas malam ini, saya menemukan beberapa kertas bertuliskan catatan tentang pengalaman saya ke India dan Bangladesh tahun lalu. Tahun 2013, tepatnya Sabtu tanggal 13 Juli saya bersama rombongan dakwah Jamaah Tabligh bertolak dari Indonesia menuju Kuala Lumpur Malaysia. Saat itu baru beberapa hari bulan Ramadhan 1434 Hijriah, kalau tidak salah awal Ramadhan hari Rabu, 10 Juli 2013.

di airport

Di tiket yang ada, jadwal penerbangan ke Kuala Lumpur dengan pesawat Mandala Tiger Air RI 700 pukul 7.35 AM WIB dari Jakarta. Biaya Jakarta - Kuala Lumpur sekitar IDR. 526.900, ditambah airport tax (hanya ada di Indonesia Rp. 150.000). Tiba di Kuala Lumpur pukul 10.35 AM Waktu Malaysia. Perjalanan ke India kami tempuh dengan menaiki pesawat Air Asia. Jadwal penerbangannya pukul 3.35 PM dan dijadwalkan tiba di Netaji Subhash Chandra Bose Airport Kolkata pukul 5.00 Pm waktu setempat. Biayannya sekitar IDR. 1.921.000. Kota kolkata kami ambil sebagai kota tujuan di negara India mengingat biayanya yang relatif lebih murah jika langsung mengambil tujuan New Delhi. Selanjutnya dari Kolkata kami berangkat ke New Delhi dengan kereta lewat jalur darat.

Perjalanan dakwah ishlah diri saya dijadwalkan berakhir setelah 4 bulan lamanya. Tiket pulang ke Indonesia sudah di tangan, dijadwalkan kepulangan kami tanggal 11 November 2013 dengan pesawat Tiger Air TR 2657 dari Dhaka Bangladesh pukul 8.55 Pm dan tiba di Singapore tanggal 12 November 2013 pukul 3.00 Am. Selanjutnya dari Singapore berangkat pukul 10.05 Am juga dengan pesawat Tiger Air, kali ini TR 2274, dan jadwal kedatangan di Soekarno Hatta Indonesia pukul 10.40 Am.

Di kertas yang lainnya terdapat tulisan 500 rupee = 92.500 rupiah. 1 rupee = 185 rupiah.