Sholat tarawih, tidak ada hadits dr Nabi yg menyebutkan bilangan rakaatnya. Hanya Sayyidina Umar ra menetapkan 20 rakaat dan sahabat yg lain pun tidak ada yg menyanggahnya. Sholat tarawih dikerjakan dua rakaat - dua rakaat satu kali salam. Tidak sah sholat tarawih yg dikerjakan empat rakaat - empat rakaat satu kali salam (menurut yg dibaca guru mukhyar malam ini). Waktunya pd malam hari bulan ramadhan dari setelah sholat isya hingga terbit fajar. Hadits yg menyebutkan sholat tarawih: Rasulullah keluar 2 atau 3 malam untuk sholat tarawih kemudian tidak keluar lagi. Hanya Sayyidina Umar mengumpulkan orang2 kemudian mengerjakan sholat tarawih dengan berjamaah dan ditetapkan jumlah rakaatnya 20 rakaat.
Bahasan selanjutnya adalah sholat karena sebab yaitu sholat gerhana, sholat istisqa, sholat jenazah, tahiyatul masjid, sholat tahiyatul wudhu, ketika datang ke rumah (sholat musafir), sholat istikhorah, sholat hajat, sholat tasbih,

Sholat dua gerhana: sunnat mandi gerhana, berjamaah disunnahkan memanggil dengan sholat berjamaah, setelahnya disunnahkan ada khutbah bahwa gerhana adalah salah satu tanda kebesaran Allah.

0 Komentar:

Posting Komentar