Daripada bengong, mending ngisi blog......
Sambil melatih kemampuan 10 jari untuk cenat cenut key board laptop... he he....
Lanjut!!

Jumat, 18 Maret 2011, ketika waktu les tinggal tersisa sekitar -+ 5 menit, ku sempatkan untuk bertanya pada peserta les kali ini. Anak-anak kelas XII IPA, yang bulan depan berikutnya menempuh Ujian Nasional (UN) tahun 2011, tepat tanggal 18 April 2011.

harap tenang ada un


Pertanyaanku adalah :

Jelaskan usaha apa saja yang telah dilakukan untuk menguasai materi pelajaran UN?

Berikut jawaban masing-masing peserta les:

YF wrote :

“Yang dikerjakan membuka buku pelajaran yang di UN kan. Belajar memahami soal dan mengerjakan soal. Membaca buku pelajaran yang di UN kan. Dan menghafal beberapa rumus seperti pelajaran matematika, fisika, biologi dan kimia. Dan mengulang kembali di rumah pelajaran yang di sekolah”

LF wrote :

“Usahanya adalah dengan diseringi membaca buku-buku pelajaran dan diselingi dengan menjawab soal-soal di detik-detik dan mengulangi pemahaman yang baru dijelaskan oleh guru-guru, dengan membaca kembali materi yang baru disampaikan di sekolah.”

Hld wrote :

“usaha yang dilakukan yaitu menjawab soal-soal yang ada di detik-detik UN. Di samping itu mengulang pelajaran di rumah. Untuk menghafal rumus saya sering mengerjakan soal yang banyak rumusnya. Untuk pelajaran bahasa Inggris saya sering membuka kamus dan menghafal kata-kata.”

INA wrote :

“B. Indonesia : menjawab soal detik-detik

Biologi : Menjawab soal-soal yang diberikan ibu (menghafal enzim dan hormon-hormon)

MTK : Mencatat rumu, lalu dihafal

B. Inggris : Memperdalam/ memperbanyak kosakata yang diketahui

Kimia : Menjawab dan latihan soal

Fisika : memahami rumus-rumus”


Nkh wrote:

Menjawabi soal yang ada di detik-detik maupun yang ada pada bank soal. Menghafal nama-nama organ pada manusia dan yang lainnya yang terkait dengan biologi, memahami rumus-rumus pada pelajaran matematika, fisika dan kimia. Menghafal kosakata bahasa inggris.”

MRR wrote :

“usaha-usaha yang telah dilakukan, menjawab soal-soal, walaupun setiap satu hari hanya sedikit.

Berusaha memahami isi dan menjawab soal-soal dengan benar

Tidak pernah menghafal rumus-rumus (tidak ada usaha untuk menghafal rumus-rumus)”

Mfd wrote :

“Usaha yang saya lakukan dalam menghadapi UN Menjawabi soal-soal yang ada di detik-detik dengan bantuan beberapa buku lain yang berkaitan dengan pelajarannya. Juga mengulangi pelajaran dari kelas 1 sampai 3 yang mungkin akan diujian kan. Untuk pelajaran yang menghitung saya mencoba memahami rumus-rumus yang ada.”

Jsn wrote :

“Usaha yang dilakukan adalah mempelajari dan menjawab soal, memahami serta mengingat-ingat soal dan rumus”

Mhn wrote :

“Usaha yang telah dilakukan untuk menguasai materi pelajaran UN adalah mengulang pelajaran yang sudah dipelajari dan belajar menjawab contoh-contoh soal, serta berusaha untuk memahaminya.”

EM wrote :

“Usaha yang saya lakukan dalam menghadapi UN : membaca dan mengulangulang soal-soal yang pernah dikerjakan serta mencoba mengerjakan soal-soal yang ada di detik-detik UN”

RY wrote :

“ Usahanya adalah dengan membaca buku-buku materi pelajaran UN sesuai dengan SKL. Menjawab soal-soal di detik-detik, dan mengulang pelajaran yang telah diberikan guru dengan membaca kembali materi yang sudah disampaikan”.

Nss wrote :

“Membaca dan mencoba menjawab soal-soal yang ada dan memahaminya, mengulang-ulang pelajaran yang telah dijelaskan oleh pengajar di sekolah serta mencoba memahami rumus-rumus”

AR wrote :

“Membaca-baca buku pelajaran, memahami pelajaran yang kurang dimengerti. Mengingat rumus-rumus dan juga konsep-konsep suatu materi untuk membantu dalam penguasaan materi pelajaran, baik buku-buku kelas X, XI dan XII.”

LA wrote :

“Kadang-kadang menjawab contoh soal-soal UN atau membaca materi-materi yang termasuk di UN kan. Dan memahami materinya. Mengingat rumus dan konsep, walaupun sedikit-sedikit. Asalkan paham.”

MN wrote :

“Membaca dan memahami rumus atau konsep suatu moder untuk memudahkan dalam hal penguasaan materi pelajaran yang di UN kan, dan juga bertawakal meminta agar dimudahkan dalama hal mengingat materi tersebut dan minta disukseskan.”

--------ooooooooooooo----------

Hmm... tampak tidak ada yang berusaha untuk belajar di luar sekolah , semisal ikut bimbingan belajar di primagama atau sejenisnya. Atau belajar pada yang ahli, ke rumah guru mata pelajaran tertentu misalnya. Les privat bisa jadi, tidak ada juga. Teknik menghafal mereka pun tidak ditulis oleh mereka, padahal sudah sering ku kasih tahu. Yah..... begini lah siswa di daerah pinggiran, inisiatif nya masih jauh kurang daripada siswa di kota-kota. Semoga saja UN kali ini bersih dari kecurangan, dan siswa bisa mendapatkan yang terbaik bagi mereka. Apakah itu lulus atau tidak, pokoknya ku do'akan hasilnya yang terbaik. Aminn..

0 Komentar:

Posting Komentar