Kembali cenat cenut latihan mengetik 10 jari.

Selasa, 27 April 2011, datang ke sekolah pukul 07.25. Pukul 07.45 siswa masuk kelas. Para guru menghadiri rapat dadakan dipimpin sang manager ni sekolah, memang suka rapat dia sih. Poin penting yang mendapat perhatian khusus, tu lab fisika kada barasih...... heeeee...

Habis rapat, ambil sapu, perlahan tapi pasti mengayun-ayunkannya di lantai emperan lab. Kan yang dilihat orang-raong pertama kali adalah tampilan luar lab. Yang di dalam bisa nanti ah.... bila rajin. Wkwkwk... Bismillah.. Subhanallah.. latihan melembutkan hati. Beberapa guru memberi sapaan sambil tersenyum melihatku jadi cleaning service.. he he..

Alhamdulillah... satu dua tiga siswi yang beberapa minggu sebelumnya menempati ni ruang lab sebagai kelas datang. Dari jauh memang kelihatan aku lagi nyapu. Rupanya tergerak hati mereka untuk sedikit meringankan beban kebersihan ruang lab. Terima kasih anak-anak... he he. Kalian bersihkan bagian dalam ya...

Lumayan uyuh sakalinya.. istirahat dah di tempat mangkal. Ruangan full AC lengkap dengan fasilitas cenat cenut, komputer yang terhubung dengan internet. Jadi lah ku sempatkan mengisi ini blog... (semoga makin rajin menulisnya... amin).

Bahan untuk latihan mengetik hari ini masih seputar tentang kitab yang disebut Manzil. Memang disebut Manzil oleh sang pembuat (lebih tepat mungkin adalah yang kembali menuliskannya mungkin....) sebagaimana Surat beliau di bawah ini.



download-manzil-gratis
Surat dari Maulana Muhammad Thalhah, putra Maulana Zakariyya rahmatullah alaih mengenai Manzil
 
Di Lingkungan kami, ayat Al Qur'an yang ditulis di bawah ini dikenal sebagai Manzil. Alim Ulama dari keturunan kami sangat mengutamakan ayat-ayat tersebut, baik dalam do'a maupun dalam amalan. Telah menjadi kebiasaan bagi keluarga kami untuk melatih anak-anak kami untuk mempelajari ayat-ayat Manzil.

Ayat-ayat Al-Qur'an dan do'a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW tentu tidak diperselisihkan lagi fadhilahnya dibandingkan dengan azimat dan tangkal.

Rasulullah SAW telah mengajarkan do'a untuk memenuhi semua hajat atau keperluan, baik untuk keperluan dunia maupun akhirat. Demikian pula, telah menjadi amalan alim ulama untuk membaca ayat-ayat tertentu untuk memenuhi hajat mereka.

Berdasarkan banyak pengalaman, amalan membaca Manzil ini dapat memeberikan perlindungan dari gangguan syaithan dan sihir. Amalan seperti ini dengan tambahan atau kurang dari ini - telah disebutkan dalam kitab-kitab Qaulul Jamil atau Behisti Zewar.

Al Muhadditsin Syah Waliyullah rahmatullah alaih telah menulis dalam kitabnya Qaulul Jamil bahwa tiga puluh tiga ayat tersebut akan menyelamatkan seseorang dari bahaya sihir. Disamping itu, orang yang membacanya akan mendapatkan perlindungan dari bahaya Syaithan, pencurian, binatang buas dan lain-lain.

Maulana Asyraf Ali Tsanwi menulis dalam kitabnya Behisti Zewar bahwa jika seseorang dikhawatirkan telah terkena bahaya sihir atau dirasuki syaithan, hendaknya ayat-ayat tersebut ditulis, kemudian digantungkan di leher si sakit. Apabila terdapat gangguan syaithan atau sihir di dalam rumah, hendaknya dipercikkan air tersebut di keempat penjuru rumah.

Para wanita dari keluarga kami membaca ayat-ayat tersebut dalam Al Qur'an yang telah ditandai di tempat-tempat tertentu atau di kertas yang tertulis secara acak. Cara seperti ini tentu menyulitkan mereka. Oleh karena itu, saya berusaha menulis ayat-ayat Manzil dalam sebuah kitab kecil.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengamalkan Manzil, hendaknya anda membaca dengan tawajjuh, yaitu menumpukan perhatian kepada Allah SWT. Semakin tinggi keimanan dan keyakinkan seseorang terhadap Allah SWT, maka amalannya akan semakin memberikan manfaat. Tidak diragukan lagi bahwa nama-nama Allah SWT dan kalimat-NYA mengandung sangat banyak keberkahan.

23 Sya'ban 1399
Maulana Muhammad Thalhah
Kandahlawi

------0000000--------

Kitab Manzil sendiri sebenarnya terdiri dari Ayat-ayat Al Qur'an di bawah ini.
Al Fatihah ayat 1 -7
Al Baqarah ayat 1 -5
Al Baqarah ayat 163
Al Baqarah ayat 255 -257
Al Baqarah ayat 284 -286
Ali Imran ayat 18
Ali Imran ayat 26 -27
Al A'raf ayat 54 -56
Al Isra ayat 110 -111
Al Mu'minuun ayat 115 -118
Ash Shaffaat ayat 1 -11
Ar Rahmaan ayat 33 -40
Al Hasyr 21 -24
Al Jin ayat 1 -4
Al Kafiruun ayat 1 -6
Al Falaq ayat 1 -5
An Naas ayat 1 -6

0 Komentar:

Posting Komentar