Masa depan yang cerah adalah impian setiap orang, kehidupan yang mapan dengan tercukupinya setiap kebutuhan adalah sesuatu yang dianggap pokok sebagai sebuah standar hidup yang harus dimiliki setiap orang. Atas dasar itulah, banyak orang yang berlomba-lomba mencari pekerjaan yang dapat mencukupi hal-hal tersebut.

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satunya. Banyak orang masih beranggapan bahwa menjadi PNS sudah pasti akan memiliki masa depan yang lebih baik bahkan ada yang menjadi simbol status di masyarakat, lebih khusus jika di daerah pedesaan. Ambil contoh, seorang guru PNS bisa jadi lebih dihormati daripada seseorang yang mata pencahariannya adalah bertani atau berdagang.

Banyak keuntungan memang bila seseorang telah menjadi PNS, di antaranya :

1) Mempunyai posisi yang kuat dan jaminan keamanan kerja, karena diangkat dengan Surat Keputusan menteri, gubernur, walikota atau bupati.

2) Mempunyai kepastian dan standar gaji yang cukup. Selain gaji pokok, ada banyak jenis tunjangan, baik tunjangan fungsional maupun jabatan (struktural).

3) Pemutusan Hubungan Kerja?? ... tentu tidak. Pemerintah telah menjamin tidak akan ada PNS yang di-PHK, kecuali alasan dan sebab tertentu. Dan ini sepanjang sepengetahuan saya sangat langka sekali. Hanya 1 diantara seratus atau seribu orang mungkin.

4) Jenjang kepangkatan yang jelas dan diatur oleh Undang-undang. Setiap PNS berhak naik pangkat jika telah memenuhi kriteria yang telah diatur undang-undang tanpa bisa dihalang-halangi oleh siapapun, termasuk oleh atasan yang bersangkutan bila hanya karena alasan pribadi semisal dendam pribadi. Dan setiap jenjang pangkat mempunyai gaji yang berbeda-beda.

5) Promosi jabatan. Banyak jabatan dari kepala seksi hingga dirjen, bahkan menteri. Peraturan Pemerintah No 53 tahun 2010 Pasal 3 butir 16 telah menjamin bahwa setiap atasan wajib memberikan kesempatan kepada bawahan untuk mengembangkan karier.

6) Sebagai PNS, tentu memiliki peluang yang banyak untuk mengikuti peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini bisa berwujud aneka pelatihan, penataran, bimbingan teknis, workshop dan sebagainya, hingga melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S1 hingga S3)

7) Terakhir, setiap PNS akan dijamin masalah pensiun. Setelah umur sudah lumayan tua, tenaga sudah mulai berkurang, pemerintah masih memberikan penghargaan berwujud gaji yang tentunya tidak lagi 100%. Memang pernah ada isu bahwa pemerintah ke depannya tidak akan lagi memberikan gaji pensiun, namun hal ini hingga kini hanyalah isu. Sampai sekarang yang pensiun tetap menerima gaji pensiun.

Maka tak heran apabila setiap tahunnya pemerintah membuka tes penerimaan CPNS, peserta yang mendaftar jumlahnya selalu lebih banyak dan melebihi kuota yang telah ditentukan. Tahun ini misalnya, rasio persaingan antar pelamar di kalimantan selatan sudah 1 : 8, artinya satu formasi di kalimantan selatan diperebutkan oleh 8 orang. Bahkan di pulau Jawa, rasionya sudah mencapai 1 : 32 (Bpost 7 Nopember 2010). Dengan membludaknya pendaftar tes CPNS tahun ini, maka peluang untuk dapat lolos tes juga akan sangat kecil, ditambah lagi dengan sedikitnya lowongan formasi yang ada akan semakin memperketat persaingan.

Nah, ada sedikit resep bagi mereka yang tetap ingin bersaing dalam tes CPNS tahun 2010 ini :

1) banyak membaca dan berlatih dengan buku tes CPNS, yang saat ini sudah banyak dijual di toko-toko buku;

2) Memperkaya pengetahuan tentang Undang-Undang atau Peraturan Pemerintah yang paling baru dan ter-update ;

3) Menambah khazanah pengetahuan umum, terutama yang ada sangkut pautnya dengan jenis formasi yang dituju;

4) Banyak melatih diri dengan tes bakat skolastik atau logika;

5) Jaga kesehatan agar pada saat hari pelaksanaan tes dalam keadaan sehat dan bugar. Istirahat yang cukup pada malam harinya, jangan begadang larut malam semisal menonton bola hingga dini hari;

6) dan yang terakhir adalah berdo’a. Menurut salah satu ustadz, do’a yang tepat itu hendaknya meminta pada Allah SWT pekerjaan yang terbaik baginya, bukan meminta supaya jadi PNS. Artinya, jika memang menjadi PNS itu baik baginya, maka jadilah PNS. Namun jika seandainya ditolak atau tidak lulus tes CPNS tahun ini, maka bisa jadi pekerjaan PNS itu menurut Allah SWT tidak pas atau belum pantas baginya.

Dan jika memang belum lulus tes, jangan kecewa. Selain PNS, masih banyak sekali terdapat pekerjaan di muka bumi ini. Hanya kadang pikiran dan alam bawah sadar kita yang masih selalu beranggapan PNS adalah satu-satunya pekerjaan yang ada. Padahal tidak demikian. Ambil misal, pedagang pentol keliling, pedagang es buah, pedagang pencok, bertani, berternak dan sebagainya, semua juga pekerjaan. Dan pendapatan mereka juga lumayan, jika sudah mendapat langganan yang bangak bisa jadi melebihi pendapatan seorang PNS. Saya teringat kata-kata seorang guru di madrasah; “pegawai itu makan gaji, berdagang untung rugi (banyak untungnya daripada rugi), dan judi itu kalah manang (banyak kalahnya daripada manang). Sekarang tinggal mana yang kita mau??

Semoga bermanfaat.


tag: download soal CPNS tahun 2010, kunci jawaban tes CPNS 2010, kumpulan soal tes CPNS 2010, tips tes CPNS 2010, rahasia tes CPNS 2010

0 Komentar:

Posting Komentar