“Segera Datang ke Sekumpul Martapura, Penting”

Transkrip vedio youtobe, Halal Bihalal Guru Kapuh di Mesjid Muhammad Ali Bersama Alumni Pondok Pesantren Hidayatullah Taman Hudaya Bincau Martapura, Sabtu, 06 Juli 2019

Alhamdulilah puji syukur kehadirat Allah, hari ini kita bisa bertatap muka, berkumpul bersilaturrahmi, mudah-mudahan pertemuan kita ini membawa berkah. Mudahan rahmat turun kepada kita. Ulun tadi datang kesini rasa pangling, rasa bingung. Yang mana pondoknya kada ingat lagi, pertama banyak banar lingkungan sini pada barubah. Jadi ulun meninggalkan pondok ini tahun 1998. Jadi kurang lebih 21 tahun yang lalu. Jadi nostalgianya panjang dan lawas. Jadi kalau hari ini diminta tausiah, ulun terus terang aja sekali lagi ulun bukan ahli tausiah, kada bisa ceramah, pidato. Ulun kada pernah mengenal tausiah. Cuma tugas ulun sekarang ini memimpin pondok, kemudian ada memimpin beberapa majelis ta’lim.
Jadi dalam kesempatan ini ulun sempat bekisah-kisah banar aja, mudah-mudahan dalam kisah-kisah ini ada bekal ilmu, hikmah yang kita dapatkan. Jadi sepengalaman banar ajalah kisah bahari, Jadi sekitar pertengahan tahun 1992, jadi awal kisahnya kaitu. Waktu itu ulun dikampung, kampung kelahiran ulun namanya kampung Kapuh, ulun lahir disitu, besar disitu. 

Pada waktu itu ada tukang ojek, membawakan surat, datang dimuka, supir colt minta tolong antarkan surat ke Kapuh, masuk kedalam sekitar 2,5 kilometer, setelah bundaran ketupat, (Kandangan). Tadi tu surat itu datang dari kawan ulun, ngarannya sama dengan ulun, Ridwan jua, Guru Ridwan mengajar di Musholla Arraudhah Sekumpul, anak buah Abah Guru Sekumpul. Isi suratnya “Segera datang ke Sekumpul Martapura, penting” itu aja isi suratnya. Sesegeranya mohon datang ke Martapura Sekumpul, penting. Jadi ulun langsung basiap-siap mencari taksi pakai colt ke Sekumpul bajalan batis masuk kedalam turun di masjid Pancasila. 

Setelah batamuan, apa jer ulun penting banar, ini jar, aku ni sebenarnya diminta oleh kawan-kawan dari Darul Hijrah. Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus. Supaya ikam basiap-siap diminta untuk mengajar di Cindai Alus. Rumah sudah disiapkan. Karena saat itu tahun 1992 baru sampai kelas 6, ada kelas 6 hanyar. Disitulah kekurangan guru untuk pelajaran kelas 6. Ada beberapa pelajaran yang memerlukan Guru. kada ingat lagi entah ushul figh, balaghah maca-macam pelajaran yang tangalih tuh kisahnya. Lalu musyawarah kawan-kawan siapa kira-kira yang akan mengisi, rupanya keingatan lawan ulun. Kawan bahari sama-sama di Gontor. Ada kawan di Kandangan, inya sanggup melajari ini, menguasai ilmu ini. Itulah tadi lalu bertawassul lawan Guru Duan Sekumpul, tolong kabari akan. Waktu itu jawaban ulun kaya ini : Ulun terus terang di Kandangan mengajar jua, ulun mengajar di Kandangan itu pondok pesantren jua, namanya Darul Ulum. Itu pimpinannya KH. Karyadi, Lc. Mungkin pian kenal, orang Gontor jua. Kawan sidin di Mekkah. (KH. Sairazi, Lc, Musrif PP Hidayatullah Taman Hudaya Bincau, yang saat itu duduk disamping kiri Guru Kapuh). 

Mengajar dan Juga Belajar

Jadi ulun terserah aja, sama haja, bukan menolak mengajar, kan sama-sama mengajar harus ditinggalkan di Darul Ulum, sementara mengajar di Darul Hijrah mengajar seperti itu jua. Bahkan kan Kandangan kota saurang. Jadi sebenarnya ada kepikiran handak pindah ke Martapura itu ada, tetapi handaknya itu supaya ada plusnya, plusnya itu apa? Plusnya selain mengajar kawa mengaji ke Sekumpul. Sementara amun nang tadahulu tadi, sementara waktu itu ulun kada baisian transportnya kadada, paling-paling basepada aja          jaka ada yang parak-parak disini, kawa sambil mengaji sambil mengajar. Karena ulun yang penting disini, salah satu yang menjadi pelajaran, semangat menuntut ilmu itu kada pernah habis. Jadi bahkan ketika tamat di pondok (Gontor), mengaji terus, di Kandangan terus mengaji, mendatangi ulama-ulama. Itu yang membedakan dengan kawan-kawan yang lain. Kawan-kawan yang lain rata-rata apabila tamat di pondok pina koler mangaji. Apalagi sudah mengajar, sudah jadi guru. Mungkin satu pelajaran bagi kita, yang pertama ; gasan kawan-kawan, bukan berarti belajar itu selesai ketika kita selesai di pondok. Bahkan ulun ingat waktu kita terakhir di Gontor itu, diantara kata-kata pa Kiai : “Kalian tidak saya kasih ikan, tetapi kalian saya kasih pancing”. Kita itu dikasih bekal, silahkan maunjun dimanakah, jangan ketika diberi ikan langsung dimakan habis. Diberi Bahasa arab, diberi pelajaran ilmu alat silahkan mau mengaji dimana. Sebagian seperti Kiai kita, (KH. Sairazi) beliau meneruskan ke Mekkah, ada yang dimana-mana, dan ulun sendiri karena kadada biaya dikampung aja, dimana ada Tuan Guru umpat mengaji. Dari situ bahkan bisa membaca kitab, kan kita kada bisa membaca kitab.
Jadi kemampuan jaman dahulu itu paling jauh sampai kawa ke Rantau, waktu itu ada Guru Ayan ngaran sidin, Guru Pamatang Karangan, bulang-bulik dari Kandangan sampai kesitu aja. Ke Sekumpul waktu itu jarang-jarang, karena memang ongkosnya yang kadada. Jadi mungkin 2-3 kali aja di Keraton, 2-3 kali di Sekumpul. Jakanya kawa bapindah puas mengaji.

Wasilah Alumni Gontor

Nah… lalu jer kawal ulun tadi (Guru Riduan Sekumpul), ada sebenarnya aku diminta oleh pa Haji Abdul Ghani sidin pimpinan MAPK (Madrasah Aliyah Program Khusus Martapura) untuk mengajar, Cuma kada kawa aku mengabulkan. Yang kedua aku diminta jua oleh kawan kita di Gontor Ustadz Taufiq Shaleh (alm). Tapi kada kawa jua aku mengabulkan. Kada tahu pang masih memerlukan Guru atau kada, coba kita gagawaian. Lalu pertama dibawanya manyubarang (rumah Guru Duan Sekumpul persis diseberang MAPK Martapura Jl. Pendidikan) batamuan dengan Haji Abdul Gani, jer sidin masih, kami kekurangan guru, mun ikam mau mengajar silahkan disini. Sabuting sudah deal, deal…
Kemudian dibawa kesini (Pondok Pesantren Hidayatullah Taman Hudaya Bincau Martapura, sekitar 3 Km dr Sekumpul) batamuan Ustadz Taufiq, jer Ustadz Taufiq….. Guru tambahan, walaupun ulun (di Gontor) dengan Ustadz Taufiq kada bisa batamu, ulun masuk tahun 1982 di Gontor beliau keluar, jadi beliau tamat ulun keluar, jadi kada sempat batamu, batamunya di Pondok ini (Taman Hudaya) jadi kenalnya malah disini. Tapi kita sama-sama alumni Gontor. Itu kisah awal-awal.

Jadi yang rencana, terus terang Ustadz …. Di Cindai Alus kecewanya berat, inya nang ampun usulan rencana malah jadinya kesini (Taman Hudaya). Jadi kaitu tadih, alasan ulun jelas ulun kesini handak mengaji, jadi ulun selama beberapa tahun disini, ulun kada termasuk, pertama ulun kada senior, ulun Guru yunior, ada beliau Musrif (KH. Sairazi) ada Murabbi Abahnya Ustadz Lutfi (KH. Syarkawi Tayyib, alm), ada yang lainnya yang senior-senior, bahkan ulun dibawah ustadz Samhudi, Ustadz Qurthubi karena beliau orang aktif. Karena ulun sendiri kada aktif, ulun sekedar mengajar aja, karena bagi ulun lebih utama mengaji. Jadi sekedar masuk kelas, aktif masuk kelasnya, jadi kegiatan lain ulun banyak kada umpatan. 

Jadi itu jaman dahulu itu kaitu. Karena waktu itu ulun lebih focus kepada menuntut ilmu, jadi jaka prioritas 1 niatan ulun pindah ke Martapura mengaji, sambil mengajar, sambal badagang. Karena honor kita seberapa ada, ini terus terang aja, blak-blakan aja, kalua kada salah, kalua kada salah. Ulun 2 pondok pertama disini kedua di MAPK sore-sore mengajar toturial, pagi di Hidayatullah, totalnya sekitar 100 ribu sebulan, dua-duanya. Jadi 100 ribu itu dipikirkan kayapa caranya supaya cukup, jadi bini ulun nukar pisang, nukar gumbili diolah wadai diantar ke koperasi, supaya cukup pemakan bulan. Jadi dengan kesimpulan-kesimpulan itu ulun memang tidak akan pernah ikut aktif membinapun apalagi yang bertanggung jawab ada aja. Bagi ulun waktu itu sebagai ya guru yunior anak bawanglah dipondok. Orang kada tapi kenal jua dengan ulun.

Ulun sempat tekumpul dengan beliau (KH. Sairazi) setahun, tahun 1993 beliau pindah ke Darul Hijrah. Dan ulun sempat badiam disini (Taman Hudaya) basubalahan dengan Ustadz Lutfi (KH. Syarkawi Tayyib), sekitar 2 tahun sebelum ada tawaran ada rumah kosong di MAPK. Disitulah lawas ulun badiam sampai terakhir.

Kembali Pulang Kampung

Nah kemudian pada tahun 1998, masyarakat di Kampung (Kapuh) baolah pesantren, walaupun sebenarnya masyarakat kadada dasar apa-apa, tanpa pernah tahu pondok pasantren kayapa. Jadi kisahnya kalau didaerah ulun, masuk Hamalau, Telaga Bidadari hanyar Kapuh masuknya. Itu daerah industry makanan ringan. Jadi dodol-dodol, kacang telor disitulah sentra makanan ringan. Bahari jaman rami-raminya. Wayahni kada lagi, sudah kalah dengan ciki-ciki, kada tapi payu lagi, jaman berubah.
Lalu warga ini baolah TK Al-Quran, jaman BKPRMI, jaman rami-raminya TK Al-Quran, mereka baolah TK Al-Quran yang gratis, yang membiayai Guru-gurunya, ya pengusaha-pengusaha dodol tadih. Maju, ketika sudah maju, tapikir, tapi ini bubuhan pengusaha bukan ulama-ulama ini, kayapa kalua TK ini kita olah pondok pesantren, kaitu sebenarnya pemikirannya. Lalu ada yang mainjami tanah, tanahnya Cuma 4 borongan, 4 borongan itu seapa adalah, diolah 2 bangunan, sebuah bangunan bertingkat, jadi kaina dibawah jadi kelas diatas asrama atau dibawah asrama ditas kelas. Atau ada 1 rumah kena gasan guru. Sekalinya kaitu haja, itulah yang namanya pondok pesantren, kada sama disini (Taman Hudaya) tanahnya 10 hektar bangunannya banyak.
Cuma ulun kada tahu jua, suatu ketika masyarakat datang minta supaya ulun bulik, tolong bulik, kita maolahkan pesantren, kami sudah sepakat, ini tolong pimpinkan pesantren. 1998. Ulun sendiri maaf aja jer ulun, ulun handak badiam di Sekumpul haja sampai mati, rencana kaitu. 

Habis tu datang pulang bila ada pengajian (di Sekumpul), kami sudah persiapan jerr. Nah akhirnya ulun bapander diantaranya dengan Rais kita (Ustadz Taufiq), bagaimana pendapat pian, ulun diminta memimpin pesantren, jelas bagus itu penting membangun banua, jer sidin. Bahkan ulun ada jua musyawarah dengan keluarga yang intinya bagus jua. Tapi waktu itu nang mengaji ini yang ngalih. Waktu itu ada masyarakat yang meminta kalau masalah mengaji bulang-bulik ke Sekumpul kami siap. Inya kan orang disitu sugih-sugih, bamotor buhan pengusaha dodol tadi rata-rata baisian mobil minimal sabuah, ada nang dua, ada nang tiga. Wal hasil sepakat. Nah itulah kisah tahun 1998 ulun ampih mengajar disini (Taman Hudaya), lalu bulik, lalu mulai membina pesantren.

Mengikuti Cara Darussalam

Pertama-tama, ini mungkin pengalaman membina pesantren, ketika waktu disini (Taman Hudaya) jadi Ustadz senior aja belum, tadi junior aja nah lah, tiba-tiba diminta langsung jadi pimpinan, sementara pondoknya kosong, tanahnya sempit belum ada apa-apa. Karena ulun pertama-tama mencari kawan dulu, kemudian ada dapat kawan 3 orang. Kawan pertama, jadi bertiga permulaan itu, ada 1 yang dari Gontor. Kemudian ada 1 dari Darussalam, lalu ulun bapanderan dengan kawan-kawan, kayapa cara pondok ini nang kayapa. Karena masyarakat disitu lebih cendrungnya salafiah, kita cara Darussalam aja sudah. Lalu ulun berinisiatif kita tulakan ke Guru Syukri, Abah Guru Syukri, Guru Syukri Unus.  Kita minta ijin dengan beliau dan kita handak maolah pondok mengikuti cara Darussalam. Dan ulun sendiri mohon maaf kada tamatan Darussalam, nang Cuma kami sepakat termasuk kakawanan barataan cara Darussalam. Jadi yang pertama ulun minta ijazah kitab-kitab Darussalam supaya sanadnya tersambung. Itu yang pertama tadi, lalu diijazahkan sidin barataan, lalu sudah resmi mengikuti Darussalam. Sekalinya itu pengaruhnya luar biasa. Apa pengaruhnya, kita ini kan belum ada nama, kita belum punya nama, tapi ketika kita sudah berkait dengan pondok besar, ada berkahnya, berkahnya itu ada.

 Jadi sederhananya itu kaitu, kita kawa mengumumkan ke masyarakat, pondok kita mengikuti Darussalam. Jadi seandainya pian kada mengirim anak ke Martapura, di Kandangan in sya Allah pelajarannya kurang labih, walaupun kami kada berani mengaku sama dengan Darussalam. Cuma paling kada kiblat kita ada, jelas mengikuti Darussalam.

Nah disitulah mulai ada kepercayaan masyarkat, dan mulai ada. Dan tinggal kita konsekwen dan kita betul-betul mempelajari. Bahkan kita sampai sepakat ini pondok salafiah murni, tidak ada pelajaran umumpun sama sekali. Kadada persamaan, kadada paket dan sebagainya. Walaupun kami kada melarang, kalua anak pian baisian ijazah SMP, SMA silahkan, cari pian paket C, paket B sorang. Kami kada umpatan, kami khusus melajari takhasus diniyah. Ada diantara kawan-kawan kami yang khawatir, kalua pian kadada murid jer, ternyata tinggal keseriusan kita aja lagi. Ada masalah masing-masing, kaitu aja tuh.  Ada orang-orang yang memang kada menghendaki anakku kada perlu ijazah, inya kada handak dunia jua, kada handak jadi pegawai jua. Aku menghendaki anakku alim, anakku bisa membaca kitab. In sya Allah kalau itu kami usahakan semaksimal mungkin. Karena memang kita menekankan kalau disini kada bisa membaca kitab, kada alim, apalagi yang didapat. Disini ijazah sudah kada dapat. Jadi memang seperti itu. Dan inilah kita berharap santri-santri kita inilah yang akan membina kampong masing-masing, dilanggar dan sederhana aja, tukang bacakan sifat 20, pelajaran parukunan, jadi imam dan seterusnya itulah yang kita harapkan. Ternyata peminatnnya ada aja, setiap nang dijual, mesti ada yang manukari. Jadi apa istilahnya, marketnya itu sudah ada. 

Dan Alhamdulillah waktu itu dari santri pertama sekitar 24 orang pamulaan itu, terus yang ini tadi nah setiap tahun sudah sekitar 150 santri yang masuk. Jadi sudah lebih 750 santri sekarang. Itu pertama kisah pengalaman kita membangun pondok.

Study Banding ke Pondok di Jawa

Kemudian ada lagi pemerintah, karena kita sudah jadi pimpinan pondok nil ah, jadi waktu pemerintah daerah membawa para pimpinan pondok se kabupaten Hulu Sungai Selatan, Bupati jaman itu, tabuat jua ulun, dibawa ke Jawa keliling. Diantaranya melihat pondok-pondok yang di Jawa, studi banding. Lalu diantara hasil perjalanan, itu ada inisiatif seandainya, masyarakat Kalimantan Selatan itu sebenarnya rela mengorbankan uang yang banyak untuk anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Jadi sekolah Jawa itu yang larang-larang banyak orang kita yang hakun bayar, han kenapa, karena orang Kalimantan itu kesadaran pendidikannya itu tinggi. Jadi banyak banar orang kita. Di pondok-pondok itu banyak orang kita, permasalahnnya apa, kita di Kalimantan belum ada sekolah yang berkualitas tinggi yang kita kelola secara propesional. Lalu timbullah pemikiran kayapa kalau kita maolah sekolahan, ide dari Bupati tadih Pemerintah dan persatuan pondok-pondok, lalu disitu kita pilihkan yang berkualitas segala-galanya bahkan dapat beasiswa dari pemerintah.

Walhasil, diolahlah pondok pesantren, jadi ada yang memberi tanah sekitar 10 hektar, kurang lebih pondok kita ini (Taman Hudaya), lalu dinamai pondoknya Al-Baladul Amin. Karena pemerintah yang berperan, jadi sekolahnya itu ada SMP dan SMA, ditambah pelajaran pondok sore dan malam hari, jadi SMP plus, SMA plus. Dipilih yang terbaik dari pada santri-santri, SD, SMP lalu diberi beasiswa. Walaupun ternyata, untuk memajukan pondok tadi sulit, kenapa kesulitannya tadi, memang kakanakan SMP, SMA kada mau beasrama, inya katuju bebas. Jadi banyak orang tua, ulun handak banar memasukkan anak, cuam anaknya kada mau. Itu memang diantar permasalahannya, itu suatu pertanda Al-baladul Amin masih belum bisa maju, sulit. Kemajuannya itu lambat. Sampai akhirnya sekitar 3 tahun yang lalu, itu ada peraturan Menteri Dalam Negeri kalua kada salah, Bahwa pemerintah kada boleh lagi memberikan dana hibah berkelanjutan, jadi kalua mau hibah itu sekali-kali aja, ada proposal diberi,  kalau setiap tahun sekian milyar itu kada boleh. Nah disitulah kemudian pemerintah mengambil opsi kepada kita, apakah pondok Al Baladul Amin ini diserahkan kepada pemerintah, karena ulun sekaligus pimpinan, sekaligus yayasan. Apakah diserahkan kepada pemerintah, jadi milik pemerintah, jadi kena nyaman supaya pemerintah bisa terus membiayai. Atau pilihan kedua diserahkan sama yayasan, Cuma pemerintah ampih membantu. Pada waktu pilihan ulun kita ambil aja sudah. Kami rapat dengan kawan, kami ambil dan kita rubah. Karena pada saat ini masalahnya banyak yang kada pas dengan kita, kada singkron dengan keinginan kita. Diantaranya pengelolaan pemerintah tadi, SMP, SMA diutamakan, pelajaran agama cuma sedikit, banyak benturan-benturan ketika dua kubu yang berbeda disatukan. 

Ini ulama lawan dua Dinas Pendidikan, banyak visi misi kita kadang-kadang berbeda. Jadi sudah kita ambil aja sudah, lalu kita rubah, kita rombak 100%, jadi dirombaknya pagi itu harus pondok, sore haja mun handak persamaan, biar kada perlu lagi itu, dahulu jaman-jaman kemarin itu, SMA 1 di Kandangan itu kalah dengan SMA kami, SMA negeri itu kalah, karena memang guru-gurunya yang terbaik dipilih, siswanya terbaik, Cuma tadih untuk maju mencari murid yang banyak itu sulit dan beban baiyanya banyak tadih, karena 600 ribu perbulan untuk santri, lalu biaya gurunya sekian, untuk gurunya sekian.

Mengikuti Cara Dalwa 

Nah ketika sudah diserahkan dengan kita, dan kita sepakat baolah lalu kita rapat. Ini suatu pelajaran pulang kemana kita berkiblat. Jadi kita ini sebelum punya nama besar, ikutlah dengan orang yang sudah punya nama besar, kaitu haja dahulu. Karena kalua kita handak timbul, kita akan kalah karena persaingan dengan yang lain, sulit. Jadi ketika kita sudah takumpulan bapandir, ulun sendiri karena kebetulan beberapa anak-anak ulun sekolah di Darul lughah wa da’wah (Dalwa) Bangil. Lalu kita sepakatlah bahwa kita, karena di Kandangan, Martapura, Kalsel termasuk paling banyak sekolah kalau di Jawa saat ini mungkin lebih banyak dari pada di Gontor, santri kita lebih banyak di Dalwa. Jadi saat ini jamannya jaman Dalwa sudah. Lalu kita sepakat kayapa kalau kita ke Dalwa, kita mengikuti cara Dalwa, dan jadi kalua begitu pagi sampai siang itu pelajaran pondok 100%. Kena sore hari setelah ashar ada sejenis paketlah, muadalah istilahnya disitu, bagi yang tamat SD silahkan umpat SMP dan yang tamat SMP silahkan umpat SMA, bahkan yang SMA silahkan kuliah. Disitu sampai S2, bahkan tahun ini, mulai tahun ini (2019) sampai S3. Itu kelebihan Dalwa. Lalu kita sepakat, lalu guru-guru dibawa ke Dalwa. Nah ini tadi tuh, kalau sekian tahun yang lalu kita ke Darussalam, sekarang ke Dalwa. Lalu kita bapanderan lah dengan Habib disana, “Bib… kami menghendaki pondok kami namanya Al Baladul Amin hanya diserahkan oleh pemerintah, lengkap sudah bangunannya, kelas-kelasnya lengkap, tinggal kita kelola dari awal kami handak mengikuti kurikulum Dalwa. Dan kami minta pian untuk menjadi Musrif, jadi Habib Seggaf dengan Habib Zein pimpinan Dalwa. Dan beliau bersedia. Dan disitulah kita kawa mengumumkan kepada masyarkat bahwa sekarang Dalwa sudah ada di Kandangan. Dan ini dengan izin beliau (pimpinan Dalwa). Kami akan jadi Dalwa nya di Kandangan. Kalau pian kada handak mengantar anak pian ke Bangil, karena sesuatu alasan seperti kada wani bapisah dan sebagainya atau biaya, di Kandangan in sya Allah sudah ada. Dan itulah yang menarik masyarakat. Jadi yang asalnya kita kesulitan sekarang Alhamdulillah makin lawas makin babanyak-babanyak. 

Jadi mungkin satu pelajarannya kaituh, sampai akhirnya lalu kita tapikir, kita ini pondok yang salafiah namanya Minhajul Abidin sudah Alhamdulillah, santrinya sudah banyak, kemudian yang satu lagi yang semi modern lah (Al-Baladul Amin) yang ada muadalahnya, persamaannya sudah dua. Tinggal satu lagi, puteri kita belum ada. Lalu kita saat ini sedang membangun pondok puteri dikampung ulun saorang namanya Kapuh, sedang kita bangun, cuma sama ke Dalwa jua, cuma namanya kebetulan kita berpikir karena yayasannya beda, lalu namanya balain jua, lalu dinamai pondok pesantren Ibnu Athaillah.

 Ibnu Athaillah ini kebetulan Athaillah itu nama kai ulun, yang pertama-tama datang di Kapuh membina masyarakat Athaillah nama sidin.
Antara Majelis Ta’lim dan Pondok

Jadi kesimpulannya, saat ini jadi memang aneh ajaib, ulun membina, memimpin 3 pondok. Itu luar biasa kaituh, Cuma pada dasarnya ulun kada badiam di pondok, jadi namanya banar aja Pembina, nah jadi ulun lebih banyak di mejelis ta’lim. Dan ini pun jadi permasalahan jua ketika masyarakat makin banyak, makin banyak mengaji, sehingga kada cukup lagi awak untuk mengajar di pondok, ulun berada dalam satu pilihan, apakah majelis ta’lim dikurangi atau ditutup lalu total di pondok, atau malah ulun kada usah lagi mengajar di pondok khusus untuk focus di majelis ta’lim. Pilihan ulun jatuh kepada pilihan yang kedua, ulun kada usah lagi mengajar di pondok karena untuk dipondok itu nyaman aja, kakawalan banyak aja, guru-guru banyak, yang kawa mengganti ulun mengajar. 

Tetapi majelis ta’lim itu sesuatu yang unik, saleh salehah, majelis ta’lim itu memerlukan figur yang disenangi masyarakat. Bila sudah masyarakat katuju kesini, diganti dengan yang lain itu sulit, dan kita kada tahu kayapa caranya. Han jadi itulah kesimpulan ulun, ulun bapadah dengan Mama, Ma, ulun kada mau lagi mengajar, dulu ulun sebenarnya sempat ada keinginan untuk mengundurkan diri, siapa yang kawa jadi pemimpin pulang, karena bagus yang namanya murabbi, yang namanya pimpinan itu didalam, sementara ulun kada kawa didalam. Cuma kakawanan kadada yang hakunnya, jangan jer pian tetap haja. Biar aja kami yang meurusi kedalam, han Cuma 1 minggu sekali minimal ulun ada disitu majelis ta’lim. Jadi pengajian untuk santri secara umum aja, jadi yang hadir seluruh santri, seluruh guru hadir, bahkan kita buka untuk umum, masyarakat tadih. Han jadi Alhamdulillah didalam setiap minggu itu tadi dari satu sisi ulun langsung melajari secara umum, guru-gurunya umpat belajar jua bahkan masyarakat terbuka. Dan sekalinya pondok itu kaitu, ini suatu pelajaran. Pondok itu akan cepat maju kalau didalamnya ada majelis ta’lim terbuka. Jadi masyarakat akan semakin kenal dengan pondok kita. 

Ada permasalahan termasuk dengan dana bangunan, kalua kita perlu membangun, itu kita tinggal bapender aja, siapa handak menyumbang, itu setumat haja. Caranya misal kita handak membangun pagar, itu cara bagi ulun sederhana aja, caranya sederhana aja, kita menghitungnya perbatako. Jangan ini sekian ratus juta, kebanyakan, bapander ratusan juta apalagi milyar. Sebiji batako berapa harganya, 5 ribu, siapa handak manyumbang sebiji 5 ribu, siapa handak dua, 10 ribu. Itu rata-rata aku 10 jer, aku 100 jer setumat tuntung. Ulun manukar tanah 1 hektar, ulun menghitungnya permeter, permeter haja, semeternya 60 ribu. Siapa handak umpat menyumbang, wakaf amal jariah, tanah. Cuma pian kebanyakan 60 ribu, kalua perlu 30 ribu setengah meter, ulun handak seperempat meter haja, sampai ulun dapat 4 hektar. Sumbangan seperti itu aja, di majelis ta’lim aja tanpa meminta kemana-mana. Jadi itu tinggal ma’akali aja cara-cara mencari dana.

Dan ini sekedar pelajaran-pelajaran. Cuma kita sambil terus belajar, terus berinovasi, ternyata ulun mempelajari pondok itu memang harus terbuka. Dan ini tadi ada ulun bakisah bahwa pendidikan negara kita ini kayaknya semakin jauh dari agama, iya kalolah, pelajaran agama akan dihilangkan kaitu kah, dikurangi-dikurangi. Dan satu sisi itu memang memprihatinkan, menyedihkan. Tetapi dari satu sisi sebenarnya inilah tantangan gasan kita pondok pesantren. Jadi kaitu lah, pemerintah salah-salah mengambil kebijaksanaan akan jadi boomerang pemerintah sendiri. Artinya ketika pemerintah mengatur kurikulum semakin jauh dari pada agama, masyarakat akan semakin sadar semakin jauh keluarnya dari pemerintah. Jadi artinya apa, jadi kalua kita melihat kerusakan masyarakat, kerusakan remaja sekarang, kejahatan dan sebagainya, itu memang salah satu penyebabnya kesalahan pendidikan. Jadi kenapa pergaulan bebas luar biasa, narkoba luar biasa, tawuran luar biasa, karena pendidikan disekolahan kada maurusi masalah itu. Jadi kalau salah satu yang kita salahkan pendidikan sebenarnya, yang ada ini hasil dari pada pendidkan. 

Bila pendidikannya bagus lalu timbullah masyarakatnya yang bagus. Kalau pendidikan yang salah maka timbullah … kan anak-anak sekarang ini generasi pemimpin dimasa depan. Kenapa dulu pemimpin rusak karena dahulu salah pendidikan. Kayapa cara kita memperbaiki masyarakat kita masa depan, anak-anak sekarang didiklah sebaik-baiknya. Kan sederhananya seperti itu.

Madrasah Syech Abdul Qadir Al-Jailani

Jadi bahari, dahulu pernah terjadi, umat Islam itu kan pernah terjadi zaman keemasan, tetapi pernah zaman kemunduran, zaman kegelapan pernah, setelah itu pernah zaman kebangkitan pulang, kaitu tuh. Diantaranya, kalua kita mempelajari sejarah, itu awal-awal pesantren sebenarnya, yang dikelola seperti ini nah, walaupundi zaman Rasulullah ada sufah namanya. Tetapi secara terorganisir itu bermula pada zaman Imam Al-Ghazali, ketika Imam Ghazali sudah menjadi ulama tasawuf yang besar, sidin maolah rumah-rumah, asrama-asrama sekeliling rumah sidin untuk membina masyarakat kaitu nah, orang-orang yang khusus menuntut ilmu. Itu awal-awal, tetapi majunya dan diikutilah oleh ulama-ulama yang lain. Majunya itu di zaman Syech Abdul Qadir Al-Jailani, yang bernama Madrasah Qaadiriah, jadi pondok pesantren yang besar itu pertama adalah Madrasah Qaadiriah, Cuma cikal bakalnya itu tadi dari Imam Al-Ghazali, selisihnya kurang lebih 50-60 tahun sesudah Imam Ghazali.
Jadi disinilah pendidikan, sebagai pemikir besar di dalam agama Islam seharusnya, cuma ini belum diekspos, jaka Bapak Pesantren Islam itu Syech Abdul Qadir Al-Jailani sabujurannya, karena beliau lah yang berpikiran untuk maolah asrama, dididik bujur-bujur, dari sinilah murid-murid sidin berkembang, masing-masing baolah pesantren sampai ribuan pesantren. Nah diantaranya tadi kenapa, dizaman itu keadaan masyarakat, pemerintahnya rusak luar biasa. Jadi kita kada perlu lagi bila melihat pemerintah, masyarakat rusak luar biasa karena keadaan pendidikan kaitu. Dari situlah timbul pemikran untuk kebangkitan. Apa solusinya, jawabannya solusinya tadi adalah pondok pesantren. Kalau sudah tahu kita nang salah, olah yang bujur, ini kadang-kadang kita bisa bamamai banar aja, manyanyarik aja, inya kada kaini yang bujur, ini salah, yang bujur kayapa olah yang bujur. 

Itu tantangan bagi kita supaya jangan jadi penggerutu banar haja, nang sesuai dengan Rasulullah kayapa. Jadi ulun sendiri Alhamdulillah sudah ke Jawa dengan kawan-kawan beberapa bulan yang lalu, itu di Jawa sudah mulai bangkit sekolah yang disebut Kuttab, sekolah yang pembimbinya Budi Ashari, itu ada di TV, sidin ahli sejarah, biasa di Trans 7 ada acaranya. Silahkan cari di Youtobe Ustadz Budi Ashari (https://www.youtube.com/watch?v=XjYuHwYNs8Y).
 Itu sidin baolah sekolah yang dinamai Kuttab, Kuttab itu adalah sekolahan orang bahari, jaman dahulu kadada sekolahan, Kuttab itulah awal pendidikan. Jadi ulama-ulama besar seluruhnya tamatan Kuttab, sebut aja siapa Imam Syafie, Imam Maliki, Imam Hambali, Ibnu Sina dan seterusnya, Imam Ghazali dan seterusnya seluruhnya tamatan Kuttab. Kurikulumnya 100% berbeda dari pada yang ini, walaupun ulun sudah melihat langsung sekolahanya dan saat ini ulun jua sedang membangun jua di Kapuh mulai TK sampai SD/MD Ibnu Athaillah, kurikulumnya kita baolah sorang, kada umpat pemerintah walaupun kita kadang ikut ujian lawn pemerintah, Cuma cara belajar kita 100% berbeda.

Jadi kesimpulannya, di zaman Syech Abdul Qadir Al-Jailani, itu ringkasnya aja tuh, sekolah pemerintah kada payu lagi, itu sederhananya kaitu haja, orang tahu penghabisannya masyarakat memilih yang berkualitas. Inya pada dasarnya sekolahan pemerintah (mohon maaflah), boros waktu, boros umur, boros harta dan sebagainya, hasilnya …. Kita ini mulai SD sampai S3, berapa waktu yang kita pakai, berapa biaya yang kita gunakan, yang kita dapat apa? Kadang-kadang mencari pekerjaan aja ngalih. Gasan diri kita sendiri aja sulit, kita ini melamar kesitu kemari, melamar kesitu kemari. Jauh berbuat gasan masyarakat, apa yang bisa kita perbuat. Jadi pemimpin-pemimpin besar yang bisa merubah masyarakat. Kita ini kadang-kadang keluarga aja kada bisa maurus kita apalagi dimasyarakat. Ada salahnya di pendidikan kita. Ada zaman bahari tu umur 20 tahun sudah jadi tokoh besar rata-rata, sudah jadi orang berjasa di masyarakat. Jadi anum-anuman Jadi sebagai contoh misalnya Ibnu Sina umur 18 tahun sudah jadi dokter negara kaitu tuh. Ulama-ulama besar kita Muhammad Al Fatih umur sekian sudah kawa membuka Konstantinopel misalnya, itu hasil-hasil… siapa lagi Salahuddi Al Ayubi dalam usia muda sudah berhasil merebut Palestina itu hasil Kuttab.

Di Dalam keterpurukan itulah momentum kebangkitan

Han jadi disinilah sebenarnya kita perlu, pas masanya ini, jadi ini Kabinet apakah namanya ini yang menghilangkan agama, biarkan kita. Nanti masyarakat akan lari ke pondok. Han disinilah jadi kadang-kadang Di dalam keterpurukan itulah momentum kebangkitan. Nah kaitu ja tu lah. In sya Allah ini tambahan motivasi haja. Kita bangkitkan kembali pondok pesantren itu harapan ulun, mudah-mudahan pondok bisa bangkit kembali. Cuma tadi jangan segan-segan, jangan malu-malu untuk kerjasama lawan yang sudah maju. Supaya kita bisa jua maju. Yang penting niat kita, niat kita adalah in tan surullah kita hanya ingin memajukan agama Allah, kita bukan untuk mencari pribadi, bukan apa-apa, bilanya kita bujur in tan surullah yan sur kum  kita akan merasakan. Jadi ketika kita sudah bujur aku handak memajukan agama, supaya masyarakat kita semakin baik. In sya Allah Allah SWT akan memberikan pertolongan.

Kada perlu takutan bersaing, disini banyak pondok, disini banyak pondok, model kaya orang dipasar diwarung bajualan masing-masing ada ciri khasnnya, itu nang panting, jadi kita perlu ada ciri khas dan kita harus berani untuk menampilkan ciri khas kita, menjaga kualitas kita sehingga orang kada ragu-ragu lagi bahwa ini bukan sekedar omong kosong, bukan sekedar jualan promosinya aja, ternyata faktanya kada sesuai kada, Kalau misal contoh pondok ulun tadi Al-Baladul Amin itu, kita bujur dengan Dalwa kerjasamanya, tadi sudah kita coba tamat awaliyah 4 tahun, tsanawiyah 3 tahun, Aliyah 3 tahun jadi 10 tahun jenjang pendidikannya, tu sama aja di Darussalam, Al Falah kaitu jua. Tamat Awaliyah kita, kita coba kirim ke Dalwa kalau di test ternyata ditaruh, diletakkan di 1 tsanawiyah, jadi kadada mundur sama sekali. Karena kurikulum kita dasar memakai kaitu, guru-gurunya kita rekrut tamatan Dalwa. 

Kualitas Harus di Jaga

Bahkan kita setiap tahun minta kiriman dari Dalwa gurunya. Jadi ketika kita bapadah kita ini umpat Dalwa, itu dasar bujuran kada nang bohongan berdasarkan pengakuan banar haja. Seperti itulah jua kita punya Minhajul Abidin in sya Allah kalaunya duduk tamat tsanawiyah masuk ke Aliyah Darussalam in sya Allah inya kawa ja maikuti karena pelajaran kita sama. Han memang kualitas itu harus dijaga, bahkan kalua kawa kita harus ada plusnya. Misal Minhajul Abidin saat ini berusaha untuk berasrama, padahal Darussalam kada ba asrama padahal kita merasakan ba asrama itu jauh lebih efektif, mun nya kada ba asrama banyak ilmunya tabuang ditangah jalan. Tengah hari bulikan, tahambur. Jadi kita merasakan manfaatnya, berkahnya lah jadi untuk efektifitasnya. Saat ini ulun ada membangun asrama, Alhamdulilah karena kita bujur-bujur berusaha tahu-tahu ini berkat jua panglah bapadah dengan pian. Membari asrama sebuah, jadi Alhamdulillah ada jua manfaatnya tuh, Rusunami kah namanya itu, rusun nilainya kurang lebih 10 milyar. Alhamdulillah berkat kenapa jadi pemerintah pusat tergerak untuk memberi, boleh jadi karena kita memang gasan masyarakat, gasan agama. Jadi yang seharusnya kadada bayangan dapat bantuan malah dapat bantuan, jadi Alhamdulillah tahun ini semakin banyak santri kita yang ber asrama.

Penutup

Tadi disebutkan lah jua untuk lebih mengakarabkan, antara kita, ulun dahulu lebih dikenal Guru Riduan, sekarang ini biasa batambah Riduan Basri, Basri itu Abah ulun, jadi ulun jarang bakisah Abah, kan kita “inna fata man yaquuli ana za”  iya kalo? Jadi ulun siapa Abah, jadi ulun kada handak bakisah Abah, Abah ulun sudah lawas meninggal. Abah ulun meninggal tahun 1979. Masih hanyar tamat SD waktu itu, jadi ulun, jadi ulun hidup kada ba Abah lawan Mama haja, Cuma sekedar ulun handak meberi tahu, Abah ulun itu dahulu Guru Darussalam, pernah mengajar di Darussalam Martapura. Kemudian sesudah itu umpat diantara guru-guru pertama ketika SMIH Hidayatullah berdiri, jadi mungkin ini hubungan ulun kenapa jadi nasib sempat mengajar disini. Karena Abah ulun itu pernah mengajar diawal-awal SMIH Hidayatullah. Jadi zaman-zaman Guru Nasrun, Guru Nawawi dan seterusnya itu, Jadi salah satu murid Abah yang sempat takisah diakhir-akhir yaitu almarhum Haji Amri, ketika ulun bakisah, Abah ulun Hasan Baseri itu pernah mengajar, oh itu guruku jer sidin, aku ingat jer sidin orang Kandangan, yaitulah jer ulun, itulah Abah ulun. Oh kaitukah kenapa kada bakisah jer sidin ulun kada katuju bakisah jua. Yang kadua kadada yang batakunnya jua. Jadi hari ini (Sabtu, 6 Juli 2019), walaupun kadada yang batakun jua ulun kisahkan. Jadi bahwa kita memang sudah ada hubungan kaituh, jadi mulai Abah sudah dimulai awal-awal. Bahkan ulu nada gambar halus hitam-putih bersama guru-guru dan santri-santri awal. Itu mungkin bedanya, bedanya lawan Darussalam, Darussalam batatapihan iya kalo lah, ada itu basalawar, badasi. Jadi ulun tu kaduduanya biasa haja, bagamis bisa, badasi ba jas biasa haja jua kada masalah. Yang penting kayapa kita untuk menjalin keakraban, supaya toleransi kita tinggi, kita saling hormat-menghormati itu yang penting di zaman ini. 

Jadi Alhamdulillah ulun jaka kaya pendidikan tadahulu di Gontor nang modern bisa aja, ulun umpat mengaji di Sekumpul biasa aja jua kaitu tuh, jadi sebenarnya kita tinggal menjaga persatuan dan kesatuan niat kita kayapa untuk memajukan agama dimana kita bisa. Mudah-mudahan pondok ini nantinya salah satu lembaga pendidikan yang dirasakan masyarakat manfaatnya, disamping pondok-pondok yang lain. Tinggal nanti kita bicarakan apa nantinya yang menjadi ciri khasnya, kan seperti warung tadi biasanya harus ada untu menarik urang tadih sebagai contoh tadih, in sya Allah kada sombong ulun baisian 3 pondok, kawa ulun memajukan. Caranya kita berpikir, kita akali kayapa caranya, oh misalnya handak kaya Darussalam, apalagi Dalwa. In sya Allah kena bulan … Habib Zein dan sabaratan cagar datangan ke Kandangan untuk melihati pondok kita. Dalwa itu ada jua Musrif, pengawas, pembimbing. Dahulu Dalwa itu Musrifnya Abuya Muhammad bin Alwi Al Maliki, itu Musrifnya Dalwa, kemudian sekarang ketika beliau meninggal itu Musrifnya anak sidin Ahmad bin Muhammad Alwi Al Maliki. 

Jadi ulun baolah pondok musrifnya yang putera, Habib Zein bin Hasan Baharun dan puterinya, Habib Segaf bin Hasan Baharun. Jadi kita kebawahnya, atasan kita Dalwa, atasan Dalwa Mekkah. Itu berkatnya luar biasa, sampai disitu aja sudah kerasaan berkatnya. Jadi kita lebih baik dibawah, tetapi dibawah itu kita model kaya rantai yang berkait, itu berkatnya itu sudah dapat. Dari pada kita dengan kesombongan kita aku handak baolah pondok saorang, seapa kemampuan kita. Han jadi kadang-kadang “man tawadhaa lillah rafaahullah” apabila kita hakun merendah, maka Allah yang akan mengangkat. Akan tetapi kadang kita merasa bisa kaini, kaini, bahkan kadang kita tertatih-tatih, tumbang-tumbalik jadinya, han jadi kaitu “man tawadhaa lillah rafaahullah” itu supaya jadi pelajaran aja bagi kita. Jadi jangan segan-segan untuk belajar. Dimanapun, ada yang lebih baik kita tiru, niat kita semata-mata kayapa da’wah semakin maju, agama semakin maju. Dan in sya Allah Indonesia itu walaupun tantangannya berat tetapi tantangan itu malah jadi batu loncatan untuk kebangkitan Islam in sya Allah. Jadi ulun percaya bahwa Islam di Indonesia itu akan bangkit. Bermula dari pondok-pondok pesantren. Mudah-mudahan pondok pesantren kita salah satu dari pada tempat kebangkitan Islam tadi In sya Allah.

Mungkin ini aja, ulun minta maaf kadada tausiah apa-apa, ini hanya sekedar bakikisahan banar haja. Mudah-mudahan apa yang ulun sampaikan ada manfaatnya, salah khilaf mohon maaf, wabillahi taufiq wal hidayah. Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh.
Wa Allahu a’lam.

Ini link vedio youtobenya, https://youtu.be/wrNFg8Cm3OQ durasi waktu 45.11
(Guru Kapuh bersama alumni pondok pesantren Hidayatullah Taman Hudaya Bincau Martapura Kal-sel)

Disadur kembali secara tertulis karena kualitas suara vedio yang kurang maksimal,
 Muara Teweh, 14 Agustus 2021.
Ampun maaf salah khilaf, kurang lebih barelaan.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/kapuh/permalink/4661998503810252/

0 Komentar:

Posting Komentar