Sebagai seorang pensiunan PNS, abah kami masih menerima gaji dari pemerintah RI, yaitu berwujud gaji pensiun. Setelah beliau meninggal dunia, maka gaji pensiun masih bisa diterima oleh ibu kami sebagai janda pensiun. Mengurus gaji pensiun janda ini adalah di TASPEN yang ada di kota Banjarmasin.

Sebelum pergi ke Banjarmasin, saya ke BTPN Kandangan lebih dulu, yaitu Bank dimana abah kami menerima gaji pensiun tiap bulannya. Awal pensiun abah menerima gaji pensiun melalui BRI unit Simpur. Namun terakhir saya ketahui sebelum kematian beliau sudah beralih ke BTPN untuk penerimaan gajinya.

Berdasarkan informasi dari BTPN memang kurang lengkap dan jelas syarat-syarat yang diperlukan apa saja dan berapa rangkap diperlukannya. Oleh karena itu di hari yang lain saya pergi ke Kementrian Agama (Kemenag) wilayah Kandangan. Dari sini saya dapat informasi bahwa nanti dari TASPEN akan dapat uang duka atas wafatnya abah kami. Setelah itu baru beberapa bulan dapat gaji pensiun janda. Akan tetapi untuk syaratnya di Kemenag juga tidak mempunyai catatan. Untunglah pegawai yang biasa mengurusi kepegawaian Kemenag memberi tahu bahwa syarat-syaratnya bisa dilihat di formulir permintaan uang duka wafat dan formulir itu ada di Kantor Pos.

Alhamdulillah di Kantor Pos Kandangan, saya diberi formulir untuk dibawah ke TASPEN Banjarmasin. Ada 2 Formulir. Kedua formulir itu yaitu: SURAT PERMINTAAN PEMBAYARAN UANG DUKA WAFAT (UDW) DAN ASURANSI KESEHATAN, dan SURAT PERMINTAAN PEMBAYARAN. Di belakang salah satunya tertulis PERSYARATAN SP2-UDW sebagai berikut:

I. Yang mengajukan Suami/Istri
(Penerima Pensiun PNS/Pejabat Negara/Veteran/PKRI)
1. Asli dan Fotocopy Surat Kematian dari Lurah / Kepala Desa / Rumah Sakit 2 lembar
2. Asli dan Fotocopy Kartu Identitas Pensiun (KARIP) 2 lembar
3. Potocopy Surat Nikah yang disahkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kartu Istri (KARIS) atau Kartu Suami (KARSU) yang disahkan oleh Lurah / Kepala Desa 2 lembar
4. Fotocopy Surat Keputusan Pensiun 2 lembar
5. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon yang masih berlaku 2 lembar
6. Pasfoto terakhir / terbaru pemohon ukuran 3x4 (tanpa tutup Kepala dan kacamata) 2 lembar

II. Yang mengajukan Suami / Istri
(Penerima Pensiun ABRI)
1. Asli dan Fotocopy Surat Kematian dari Lurah / Kepala Desa / Rumah Sakit 2 lembar
2. Asli dan Fotocopy Kartu Identitas Pensiun (KARIP) 2 lembar
3. Fotocopy Surat Nikah yang disahkan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) atau Kartu Penunjuk Istri (KPI) yang disahkan oleh Lurah / Kepala Desa 2 lembar
4. Fotocopy Surat Keputusan Pensiun 2 lembar
5. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon yang masih belaku 2 lembar
6. Pasfoto terakhir / terbaru pemohon ukuran 3x4 (tanpa tutup kepala dan kacamata) 3 lembar
7. Asli dan Fotocopy Bintang Angkatan, untuk 2 lembar
    a. Angkatan Darat: Bintang Kartika Eka Paksi/ Bintang Sewindu
    b. Angkatan Laut: Bintang Jalasena
    c. Angkatan Udara: Bintang Swa Bhuwana Paksa
    d. POLRI: Bintang Bayangkara Nararya

III. Yang mengajukan Anak / Ahli Waris
1. Mengisi
    a. Formolir Surat Kuasa Ahli Waris 2 lembar
    b. Formulir Surat Keterangan Penguburan 2 lembar
2. Asli dan Foiocopy Surat Kematian dan Lurah / Kepala Desa / Ruman Sakit 2 lembar
3. Asli dan Fotocopy Kartu identitas Pensiun (KARIP) 2 lembar
4. Fotocopy Surat Keputusan Pensiun 2 lembar
5. Fotocopy Kartu Tanda Pendudu (KTP) pemohon yang masih berlaku 2 lembar

Pengajuan yang dilakukan oleh anak/ahli waris hanya berlaku bila suami/istri yang bersangkutan (yang pensiun) sudah meninggal dunia, demikian keterangan dari pak Pos pada saya. Sehingga saya harus melengkapi point I saja, berhubung masih ada ibu kami.

Formulir itu saya fotokopi 2 kali, sehingga jumlahnya ada 4 lembar. Keempat lembar formulir itu lalu ditandatangani ibu saya, untuk isiannya saya biarkan kosong, nanti di TASPEN Banjarmasin saja mengisinya sehingga bisa dibimbing petugas agar tidak terjadi salah isi.

Setelah persyaratan lengkap saya pun pergi ke Banjarmasin ditemani adik saya. Ibu tidak bisa ikut berhubung masih rada sakit dan kondisi fisik yang lemah. Alhamdulillah, persyaratan yang kami bawa lengkap sehingga urusan tidak sulit. Petugas hanya mengambil 1 dari setiap fotocopy sebagaimana point I di atas, KARIP asli juga diminta dan pasfoto ibu ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 lembar.

Sebenarnya apabila ibu kami bisa datang langsung ke TASPEN Banjarmasin, maka Uang Duka Wafat dan Asuransi Kematian bisa langsung diterima. Karena ibu kami tidak datang langsung, maka uang tersebut akan dirimkan oleh pihak TASPEN melalui Pos Indonesia. Nah bila suami/istri ada mempunyai rekening Bank tertentu, uang itu bisa ditransfer ke rekening itu (kalau tidak salah). Untuk besarnya, Uang Duka Wafat yang diberikan pada ibu kami menurut petugas di TASPEN adalah 3x gaji pensiun abah.

Selanjutnya di bulan berikutnya ibu kami masih akan menerima tunjangan pensiun abah selama 4 bulan lamanya. Setelah 4 bulan maka bulan berikutnya baru akan menerima gaji pensiun janda yaitu sebanyak 36% dari gaji pensiun abah. Namun sebelumnya perlu ke TASPEN Banjarmasin lagi mengurus permohonan pembayaran pensiun Janda/Duda. Untuk itu formulirnya telah diberikan oleh pihak TASPEN ketika pengurusan permintaan pembayaran uang duka wafat tadi.

taspen Banjarmasin

49 Komentar:

  1. asalamualaikum, . pertsnyaan saya seputar ahli waris,!! untuk anak atau ahli waris, jika seeorang anak umurnya sudah lewat dari 25 tahun, tpi, anak tersebut masih sekolah di perguruan tinggi dan belum menikah dan masih lajang dan tentu belum punya pekerjaan,,,,,,,,,,,, apakah anak tersebut masih berhak menrimah uang pensiunan atau uang ahli waris,,???
    terimah kasih,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat uang pensiun.
      Dengan melampirkanfotocopy sk pensiun, fc. Kk, fc akta kematian surat ket ahli waris, surat ket kuliah

      Hapus
    2. KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA, AWAL JADI HONORER SEKARANG SAYA SUDAH JADI PNS GURU DI JAWA TIMUR

      YANG HANYA BISA DI PERCAYA
      BPK DR HERMAN M. SI NO HP BELIAU 0853-2174-0123

      Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

      Alhamdulillah berkat bantuan BPK DR HERMAN M. SI beliau selaku DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk DR HERMAN M. SI hp: 0853-2174-0123

      KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no telf Bpk DR HERMAN M. SI yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTUR APARATUR SIPIL NEGARA yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk dr herman m. Si , siapa tau beliau bisa bantu. Wass...

      Hapus
    3. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

      Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

      saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

      Pembayaran yang fleksibel,
      Suku bunga rendah,
      Layanan berkualitas,
      Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

      Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

      Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

      Hapus
    4. Halo semua,
      Nama saya Tuan, Rugare Sim. Saya tinggal di Belanda dan saya orang yang bahagia hari ini? dan saya mengatakan pada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan saya dan keluarga saya dari situasi kami yang buruk, saya akan merujuk siapa saja yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberikan kebahagiaan untuk saya dan keluarga saya, saya membutuhkan pinjaman sebesar $ 300,000.00 untuk memulai hidup saya sebagai seorang ayah tunggal dengan 2 anak saya bertemu dengan orang yang jujur ​​dan Allah takut kepada pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman sebesar $ 300.000,00, dia adalah orang yang takut akan Allah, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman, silakan hubungi dia mengatakan kepadanya bahwa (Mr, Rugare Sim) merujuk Anda kepadanya. Hubungi Mr, Mohamed Careen melalui email: (arabloanfirmserves@gmail.com)


      FORMULIR INFORMASI APLIKASI PINJAMAN
      Nama depan......
      Nama tengah.....
      2) Jenis Kelamin: .........
      3) Jumlah Pinjaman Yang Dibutuhkan: .........
      4) Durasi Pinjaman: .........
      5) Negara: .........
      6) Alamat Rumah: .........
      7) Nomor Ponsel: .........
      8) Alamat email ..........
      9) Penghasilan Bulanan: .....................
      10) Pekerjaan: ...........................
      11) Situs mana yang Anda di sini aboutus .....................
      Terima kasih dan Salam.
      Email arabloanfirmserves@gmail.com

      Hapus
    5. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

      Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

      Hapus
  2. Kalau uang duka iya dapat. Tapi kalau uang pensiun janda/duda setahu saya tidak lagi menerima. maaf jika salah

    BalasHapus
  3. apabila yg bersangkutan meninggal bln mei dan pengajuan uang duka baru diurus bulan desember sementara gaji penuh sudah masuk rekening setiap bulannya, apakah setelah pengajuan saldo rekening 6 bln lalu akan diambil lagi oleh pihak taspen? Karena data menunjukkan bahwa yg bersangkutan sudah meninggal sejak 6 bln yg lalu. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maff lo uang duka dari taspen kira kira kapan yah uangnya bisa d ambil

      Hapus
  4. mohon penjelasan besarnya klim asuransi dan uang duka yang diterima ahli waris (istri) bagi pensiunan pns yang meninggal dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. e-klim.taspen.com/eklim/estimasi/

      Bisa dicoba untuk mengetahui jumlah Taspen.

      Hapus
  5. Maaf saya kurang faham.. kl boleh tlg dijelaskan lg untuk saya.. kasus saya adalah bpk saya Pensiunan dan meninggal 5 hari lalu trs apa yg hrs ibu saya lakukan?? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mengalami hal yang sama, dan saya lagi mengurusnya, sekedar info saya mulai mengurus ke PT. TASPEN meminta formulir UDW (Uang Duka Wafat) setelah itu ke bank untuk meminta fotokopy sk (tidak perlu ke bank kalo SK tidak disekolahkan), setelah itu pulang untuk mengurus persyaratan dari formulir udw tersebut.. Baru sampai sana, kedepannya mungkin lanjut ke tahap pencairan..

      Hapus
  6. Ijin boomark pak, mau saya jadiin referensi (y) thanks dan salam kenal :)

    BalasHapus
  7. mau tanya min, dulu kakek sya seorang veteran, lalu saat dia meninggal gaji berpindah ke nenek saya, skg nenek saya juga meninggal mengenai gaji gimana? dan uang duka gimana?

    BalasHapus
  8. Besaran uang duka bagi pensiunan PKRI

    BalasHapus
  9. Bos berapa besaran uang duka bagi pensiunan PKRI

    BalasHapus
  10. Bos berapa besaran uang duka bagi pensiunan PKRI

    BalasHapus
  11. Besaran uang duka bagi pensiunan PKRI

    BalasHapus
  12. setelah berkasnya masuk semua,kapan uang dukanya akan di transfer,,nunggu brapa hari..

    BalasHapus
  13. Maaf mau nanya...disini sya lihat uang duka sebesar 22jt, tp yg sya terima hanya 3 jt rupiah.mohon petunjuknya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang duka itu 3 X gaji yg diterima
      sy baru claim ke taspen, uang duka ditambah uang pemakaman...sy dapet 23 jt

      Hapus
  14. Mau tanya dong min. Biasanya uang duka cair berapa lama setelah diproses? Soalnya saya udah hampir sebulan tapi belum juga cair uang dukanya. Makasih

    BalasHapus
  15. Assalamu alaikum saya mau tanya....baru2 ini ibu saya meninggal dunia, Ibu saya seorang guru yang masa abdinya udah 32 tahun sisa 2 tahun lagi baru pensiun, saya mau tanya berapa lama pencairan pt taspen setelah berkas twrkumpul semua. Makasih mohon infonya

    BalasHapus
  16. Assalamu alaikum saya mau tanya....baru2 ini ibu saya meninggal dunia, Ibu saya seorang guru yang masa abdinya udah 32 tahun sisa 2 tahun lagi baru pensiun, saya mau tanya berapa lama pencairan pt taspen setelah berkas twrkumpul semua. Makasih mohon infonya

    BalasHapus
  17. Maaf mau tanya kalo uang duka itu cair berapa lama ya setelah pengajuan berkas ke pt.taspen?apakah bisa sampai berbulan2?

    BalasHapus
  18. Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

    Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

    Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum semuanya.saya keluarga kecil yg hanya tinggal bertiga dgn orang tua.ayah saya seorang pensiunan pns dan telah meninggal dunia.
    Kemarin saya dan ibu mencoba mengurus di taspen dan ternyata agak dipersulit dgn ktp ibu saya blm e ktp.
    Apakah benar untuk pemohon atau ahli waris yg mengurus harus sudah e ktp?
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum semuanya.saya keluarga kecil yg hanya tinggal bertiga dgn orang tua.ayah saya seorang pensiunan pns dan telah meninggal dunia.
    Kemarin saya dan ibu mencoba mengurus di taspen dan ternyata agak dipersulit dgn ktp ibu saya blm e ktp.
    Apakah benar untuk pemohon atau ahli waris yg mengurus harus sudah e ktp?
    Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  21. May urus udw ibu sya, to SK pensiun aslinya hilang (beliau simpan entah dmn) hanya Ada copy. Bagaimana ya bisa atau tidak pengurusan a atau Ada Cara lain terimakasih

    BalasHapus
  22. Pengurusan paling lambat berapa hri atau bulan setelah meninggal?

    BalasHapus
  23. Kabar baik!
    Nama saya Rumana mahok, warga negara Indonesia, saya tinggal. Prapak rt1 / 2, Kranggan village, Kranggan district, Central Java district. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang mencari pinjaman agar berhati-hati karena internet penuh dengan kecurangan, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, Karena keuangan saya Situasi Tidak begitu bagus dan saya putus asa, saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari arab saudi dan singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya bercerita tentang seorang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu. Antonia Barry, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp300.000.000,00 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu. Antonia Barry mentransfer pinjaman saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

    Jadi untuk pekerjaan bagus Ibu. Antonia telah melakukannya dalam hidupku dan keluargaku, aku memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksianku tentang Ibu. Antonia, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, mohon hubungi Ibu. Antonia via email: (antoniabarry4@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (rumanamahok4@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kotaku, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati Ibu. Antonia atas pekerjaan baiknya dalam hidupku dan keluargaku.

    BalasHapus
  24. Nama saya Aisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (IDR600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan dan hanya 2% tingkat suku bunga.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  25. kabar baik!!!!

    Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
    Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

    BalasHapus
  26. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  27. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  28. Ini untuk menginformasikan kepada publik bahwa Ny. Morgan Erica, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman bunga 2% kepada individu, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (morganerica007@gmail.com)

    BalasHapus
  29. Apabila yg meninggal adalah ibunda janda dari pendiunan ayahanda.. Apakah ahli waris masih berhak mendapat uang duka dan biaya pemakaman?

    BalasHapus
  30. Assalamu’alaikum wr wb.
    Ayah saya adalah seorang pensiunan PNS guru. Beliau memiliki 3 anak. Yaitu 2 laki-laki, dan 1 perempuan. Lalu isteri ayah (ibu) kami meninggal. setelah 1 tahun meninggalnya ibu. ayah kami menikah lagi dan memiliki 1 anak laki-laki yang saat ini masih umur 10 tahun. Yang ingin kami tanyakan apakah anak-anak dari isteri pertama berhak atas uang duka wafat dari taspen? Mohon jawabannya. Terima kasih

    BalasHapus
  31. Saya mengurus uang duka wafat ibu saya tgl 29 agustus 2018. Sampe sekarang kok belum ada pemberitshuan dari Taspen mengenai berkas ibu saya tsb. Memang ngurus uang duka wafat butuh berapa lama ya. Terima kasih. Ibu sukesi Ngawi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan berkas itu klo udh lengkap langsung diproses oleh taspen, bahkan bisa langsung dibawa struk perhitungan besaran uabg duka ditambah uang pemakaman
      uang duka itu 3X gaji yg diterima ditambah uabg pemakaman yg besarannya hampir sama..
      prosesnya 1 minggu dari pengajuan claim cair

      Hapus
  32. Ibu saya meninggal skitar 3 tahun lalu, terus saya baru tau ada uang duka dari taspen.. Klo saya ngurus uang dukanya sekarang. Apakah msih bisa?

    BalasHapus
  33. Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

    BalasHapus
  34. Assalamu'alaikum maaf saya mau tanya.. Ibu sy meninggal kurang lebih 3 bulan lalu.. Dan berkas pemutusan bank sudah sy berikan ke pihak bank.. Namun saat menyerahkan berkas tersebut dr pijak bank mengatakan, akan mereka bantu dan akan di berikabar 2 bulan lagi.. Namun hari ini sy ke ank tersebut malah diberikan SK pensiun saja, dan uang duka nya harus urus langsung itu yg buat sy kecewa.. Namun yg ingin sy tanyakan apakah pihak taspen masih menerima berkas ibu sy ya.. Bila senin nanti tgl 22 oktober 2018 sy laporkan ke pihak taspen.. Atas jawabannya sy ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy yakin pihak taspen akan membantu.... karena itu hak anggota taspen

      Hapus
  35. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus