Pertama kali mengenal Kamus Besar Bahasa Indonesia kalau tidak salah adalah ketika tahun 1996, saat itu saya masih duduk di MTsN Kalumpang. Di antara berbagai buku di brosur yang ditawarkan kepada ayah, cuma satu yang menarik saya, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia. 

Kamus

Jadilah ayah membeli kamus itu secara diangsur dengan perantaraan wesel pos, sebab yang menawarkan itu adalah salah satu perusahaan di Jakarta. Saat itu kami di Desa Sirih Kecamatan Kalumpang masih belum familiar transfer bank, tidak seperti sekarang. Juga tidak ada jaringan internet. Itulah awal saya (baca: ayah) melakukan transaksi jual beli jarak jauh.

Meski jarak yang sangat jauh tersebut, anehnya kami sama sekali tidak khawatir kalau-kalau itu bentuk penipuan. Tidak seperti sekarang banyak penipuan pada transaksi online. Pihak penjual pun mempunyai kepercayaan tinggi. Kamus itu sudah kami terima setelah pemesanan dan belum bayar lunas (mungkin hanya bayar angsuran pertama saja, lupa). Lalu uang ayah kirm via pos setiap bulannya hingga lunas.

Kamus Besar Bahasa Indonesia itu benar-benar mulai saya manfaatkan kala sudah bersekolah di MAN 1 Kandangan. Kondisinya yang berat dan tebal ada seribuan halaman tidak memungkinkan untuk dibawa dengan mudah, sehingga kamus itu hanya dapat dibaca kala di rumah.

Tidak seperti sekarang, yang dengan mudah bisa dibawa dan diakses dmana saja karena sudah ada yang versi online dan ada yang berbentuk software. Versi online bisa kita akses baik dengan komputer ataupun ponsel, dengan mengunjungi halaman http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Sedangkan versi software untuk komputer PC atau laptop bisa didownload dengan gratis di lik download http://kbbi-offline.googlecode.com/files/kbbi-offline-1.5.zip. Ukuran file yang sangat kecil, kurang dari 4 Mb sangat memudahkan kita mendownload dan menggunakannya di komputer.

Betapa dunia teknologi komputer telah mengubah dunia. Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah contohnya. Kamus yang tebal dan berat dengan lebih 75.000 lema di dalamnya dapat "diringkas" dalam satu halaman saja, baik web maupun versi softwarenya.


2 Komentar:

  1. sip mantap blog dan postingannya...

    BalasHapus
  2. Postingan yang bagus dan menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.

    BalasHapus