Guru M Riduan memberikan ta'lim membacakan kitab dan menjelaskannya (babacaan) di Masjid Ar Raudhah Jalan Al Falah Kandangan, hari Sabtu 14 Nopember 2015.

Kayapa membujurakan fungsi akal yaitu dengan hidayah. Akal diumpamakan seperti penglihatan mata. Kesempurnaan penglihatan mata tidak cukup, kecuali harus ada cahaya dari luar, misal cahaya matahari.

Semakin sempurna akal seseorang itu tandanya: orang itu semakin kurang ujubnya, semakin menyadari kekurangan. tidak merasa bagus, tidak merasa hebat.

Sayyidina Umar bin Khattab kemana-mana mengatakan: mudah-mudahan Allah SWT memberi rahmat siapapun seseorang yang memberi hadiah: menyampaikan apa lagi kekuranganku.

Kebaikan orang abrar masih dianggap kejahatan muqarrabin. Ukuran anak SD sudah bagus, tetapi bagi anak SMA masih banyak salahnya, masih banyak kurangnya.


Pertama: mencari seorang guru yang biasa disebut Syaikh Mursyid, Imam Ghazali menyebut di zamannya: sulit mencari di zaman ini. Guru itu sangat mengetahui dengan ilmunya.

Tidak bisa masuk surga orang yang dalam hatinya ada takabur walau sebesar biji sawi.

Diantara tanda takabur adalah tidak mau baguru apabila kada ka wadah guru.

Syarat urang jadi guru: urang itu sadikit haja labihnya ilmu daripada kita sudah kawa kita jadiakan guru.


Apabila engkau melihat seseorang bisa terbang di langit atau bisa menyeberang berjalan di air, janganlah engkau tertipu, tetapi hendaklah engkau timbang amalnya dengan perintah dan larangan Allah SWT.


Jemaah Guru Kapuh
Foto grup FB Jemaah Guru Kapuh

0 Komentar:

Posting Komentar