Sholat Jumat kali ini saya laksanakan di Masjid Agung At Taqwa Kandangan. Adapun yang bertindak sebagai khatib adalah Guru Zakki Mubarok, LC. Berikut saya coba tuliskan kembali apa-apa yang menjadi inti sari dari khutbah beliau. Semoga tidak salah ingat.


Masjid agung takwa kandangan
Masjid Takwa Kandangan


Ustadz Zaki Mubarok, LC menyitir satu hadits yang mafhumnya menyebutkan bahwa tempat yang paling disenangi Allah SWT di muka bumi adalah masjid-masjid. Dilanjutkan Salah satu perbedaan perkampungan Islam dengan perkampungan orang kafir adalah adanya masjid.

Selanjutnya ada 3 hal yang hendaknya dapat kita lakukan terkait mesjid. Pertama, adalah mencintai atau merindui mesjid. Kedua memakmurkan mesjid. Dan ketiga adalah berkorban untuk masjid.

Pertama, mencintai masjid, Uztadz Zaki menyebutkan bahwa salah satu golongan yang mendapat perlindungan Allah SWT di hari tidak ada perlindungan kecuali perlindungan Allah SWT adalah laki-laki yang hatinya senantiasa terpaut dengan mesjid, merasa senang dan rindu dengan masjid.

Kedua adalah memakmurkan masjid. Memakmurkan masjid bisa dengan melakukan berbagai syiar-syiar Islam seperti sholat berjamaah, majelis-majelis ilmu, tadarus al Quran, dzikir dan sejenisnya.

Ketiga berkorban untuk masjid. Ini karena tentu saja dalam membangun masjid diperlukan pengorbanan baik itu materi, dana, bahkan hingga pikiran. Setelah masjid dibangun perlu dilakukan pemeliharaan bangunan masjid dan peralatan dan sebagainya, hingga masalah kebersihan dan keindahan masjid.

Seingat saya Guru Zaki Mubarak, LC juga menyebutkan hadits yang mafhumnya: barangsiapa membangun masjid walaupun sekecil sarang burung, maka Allah SWT akan membangun baginya satu istana di surga.

dalam masjid taqwa kandangan

0 Komentar:

Posting Komentar