Beberapa hari yang lalu, saya berhasil mendapatkan Bitdefender Internet Security 2013 lengkap dengan lisensi resmi. Alhamdulillah, untuk 1 tahun ke depan laptop saya akan dikawal oleh Antivirus terbaik versi Av-test.org. Sayangnya, bahasa pada program Bitdefender itu menggunakan bahasa Romania, hal ini karena yang memberikan lisensi gratis adalah perusahaan asal Romania bekerja sama dengan Bitdefender Romania.

Meski begitu, saya tetap bersyukur. Sebab jarang sekali dapat lisensi Antivirus Bitdefender Internet Security untuk masa aktif 1 tahun (biasanya paling lama dapat yang 3 bulan) Apabila membeli, maka saya harus mengeluarkan duit sebesar $ 69.95 atau saat ini (25 Januari 2013) setara rupiah senilai  Rp.681.200,6 versi http://www.convertworld.com/id/mata-uang/. Lumayan.. hehe

Selanjutnya, agar dapat memberikan hasil yang maksimal, saya harus memahami bahasa pengantar Antivirus tersebut, yakni bahasa Romania. Sebab perintah di program nya semua pake bahasa Romania (lihat gambar di bawah. Tidak pernah terbayang sebelumnya untuk belajar bahasa Romania. Inilah hikmah yang saya dapat  dari program gratisan. :)

Bitdefender dipake di Indonesia

Pagi ini saja misalnya, saya menemukan peringatan:

Afiseaza toate problemele (Show all problems)
Faceti clic pe "incepe" pentru a incepe remedierea acestor probleme (click "start" to begin to address these problems)

Nu a inceput (not started)

Remediere (Fix)

Probleme curente (Current problems)
Scanarae automa este dezactivata. Calculatorul dvs. este in pericol scanarae (Automation is disabled. Your computer is at risk.)


Sedangkan kata-kata Romania lain pada jendel utama Bitdefender Internet Security 2013 (lihat gambar) di antaranya adalah:

sunteti protejat (are protected)

nu exista probleme de remediat (no problems to fix)

Antivirus
scanarae automata este dezactivata. (scanarae is disabled automatically) mungkin maksudnya Scanner

Confidentialitate (Privacy)
Informatii confidentiale blocate: 0 : (Confidential information blocked: 0)

Firewall
Profil actual retes: (Current network profile:)
Acasa/Serviciu (Home / Work)

Actualizare : (Update)
ultima actualizare: azi (Last update: today)



Asyik juga ternyata, belajar langsung praktek. Praktek baca doang! haha. Beberapa bahasa Romania agak mirip-mirip juga dengan bahasa Inggris, namun saya merasa perlu juga untuk menggunakan kamus. Awal-awal ini hanya menggunakan google translate. Ada nggak ya kamus aplikasi/ software Romania-Indonesia atau Romania-Iggris? Pengen deh dapat tuh kamus, terserah deh apa platform komputer windows atau Handphone Java. (Maklum, iPad atau Android belum punya) hehe. Tolong dong kasih tau dimana?


0 Komentar:

Posting Komentar