Memiliki sebuah domain pastinya merupakan keinginan dan kesenangan sendiri bagi seorang blogger, tidak kecuali saya. Lebih-lebih apabila domain itu didapatkan dengan gratis alias tidak membayar. Domain dot com lagi! Pokoknya keren deh. Itulah yang saya rasakan beberapa hari yang lalu.

Pasalnya, saya telah berhasil membuat dan memiliki domain dot com dengan tanpa membayar. Umumnya dari layanan webhosting yang ada di internet, untuk memiliki domain haruslah membeli di kisaran harga 90-an ribu rupiah. Tapi saya dapat memilikinya gratis untuk 1 tahun. Ada empat nama domain yang saya daftarkan, pahuluan.com, panambaian.com, mausekolah.com dan infoberkah.com. Empat domain itu saya dapatkan dari layanan webhosting www.intuit.com.

free domain

Namun belakangan, ada perasaan tidak enak dalam diri saya. Ada perasaan bersalah. Sepertinya saya telah melakukan satu kejahatan. Sebab untuk mendapatkan domain gratis dot com dari intuit itu saya harus melakukan satu trik yang mengandung kebohongan (baca: penipuan).

Memang, di halaman intuit itu sendiri disediakkan fasilitas untuk mendapatkan domain gratis itu, yakni di halaman http://www.intuit.com/websites/free-domain/. Cuplikan tampilan halamannya seperti gambar di atas. Dari gambar itu nampak untuk mendapatkan domain gratis dari intuit, klik Get Your Free Domain

Setelahnya, saya dibawa ke halaman setup your acount seperti terlihat di gambar bawah. Jika diperhatikan dengan seksama, akan didapat informasi bahwa 30 hari pertama gratis (First 30 days free), dan selebihnya dikenakan biaya $19.99 per bulannya ($19.99/month thereafter.). Perhatikan kalimat yang saya beri kotak merah. Jadi, tidak benar-benar full gratis selama 1 tahun kan?

30
Selanjutnya, setelah mengisi alamat email dan password,  saya di bawa ke halaman Billing Info. Kali ini saya diharuskan melengkapi isian untuk pembayaran lengkap dengan nomor kredit (Credit Card Number). 

bilinng http://noor-ridhwan.blogspot.com


Jujur, sampai sekarang saya masih belum mempunyai kartu kredit. Dan saya mengisi itu dengan nomor kartu kredit yang saya dapat dari info seorang). Dan memang ternyata sukses. Saya berhasil mendapatkan 4 domain gratis. Tapi belakangan, inilah yang saya sadari sebagai bentuk kejahatan, yakni kebohongan alias penipuan.

Pertama, entah nomor kartu kredit siapakah itu, saya tidak tahu. Jika memang kartu kredit itu ada, maka si pemegang sah akan ditagih akibat pembelian saya (juga semua orang yang menggunakan trik ini). Ini namanya menzhalimi orang lain.

Kedua, jika memang nomor kartu kredit itu hanya fiktif, dan ternyata berhasil juga didaftarkan. Maka saya pikir tetap saja saya telah melakukan kebohongan. Sebabnya saya sama sekali tidak memiliki kartu kredit. Dan bohong itu dosa!

Ketiga, trik mendapatkan domain gratis dari intuit itu, tentunya akan merugikan bagi perusaan intuit. Semakin banyak orang yang melakukan trik itu, penjualan layanan intuit tentu akan merugi. Orang tentu akan berpikir, jika bisa gratis, buat apa membeli kan? Ini juga namanya menzhalimi intuit.

Akhirnya, dengan beberapa pertimbangan tersebut, domain gratis dari intuit itu saya delete. Tidak saya gunakan lagi. Lebih baik menggunakan blogspot saja, asal tidak sampai menipu. Atau lebih baik keluar duit sekitar 90-an ribu rupiah, asalkan halal. Bukan begitu kawan?


2 Komentar: