Seminar-Gratis-Internet
Pagi ini kami sudah berada di lantai 6 Hotel Ciputra, Grogol, Jakarta. Saya bertiga dengan pak Muhammad Ilyas dan pak Poheng Gew. Saya dan pak Muhammad Ilyas asli dari Kalimantan Selatan. Sedangkan pak Poheng Gew asli dari  Kalimantan Barat.

Kesempatan tinggal di Jakarta untuk sementara memang sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar banyak. Tidak hanya belajar dari buku di kursi-kursi universitas, tetapi kita juga bisa belajar dari pengalaman langsung di lapangan. Itulah maksud kami menghadiri seminar di Hotel Ciputra pagi ini.

Walau tempatnya di hotel sekelas Ciputra, seminar ini tidak berbayar alias gratis. Temanya adalah "Belajar Bisnis Internet Marketing - Bisnis Online. dengan iming-iming yang cukup wah!: Melalui SEMINAR GRATIS yang efektif dan sudah TERBUKTI berhasil, Anda akan langsung dibimbing dan ditunjukkan CARANYA meraup jutaan Rupiah setiap harinya – walaupun Anda seorang pemula, gaptek atau pernah mencoba namun belum berhasil sebelumnya. sebagaimana saya kutip dari website nya langsung di emivo.com. Pembicaranya adalah Robert Hanson.

Dalam pikiran kita mungkin mantabb juga nih seminar gratis tapi dapat membantu pesertanya meraup jutaaan rupiah. Setiap harinya lagi! Baik sekali kayaknya si penyelenggara seminar ini. Membagi-bagikan ilmu yang sangat berharga. Walau di benakku sudah menduga pasti "ada udang di balik batu"-nya. Dan terakhir memang dugaan ini benar adanya.

Terlepas dari misi tersembunyi dari penyelenggara seminar gratis ini, kami sedikit banyak mendapat ilmu baru. Walau mungkin cuma pengantarnya saja, tentang bisnis online. Ada baiknya saya tulis di blog ini, biar tidak mudah hilang catatannya. :-)


Sebenarnya bisnis di dunia internet atau dikenal sebagai bisnis online juga berbasis bisnis di dunia nyata. Bisnis memiliki tahapan-tahapan. Yang pertama adalah tentang ide, produk barang dan jasa apa yang kita tawarkan lewat bisnis online? Sebaiknya produk barang atau jasa itu memiliki keistimewaan tersendiri agar dapat bersaing dengan bisnis sehari-hari. Tipsnya dengan menganalisa: apa saja yang sudah ada di internet (misal di amazon.cm, ebay.com, shopping.yahoo.com), apa yang populer di internet (google.com/trends), apa yang sedang dicari atau dibicarakan orang-orang (bisa di ezinearticles.com, twitter.com)

Yang kedua, adalah menganalisa pasar. Berapa banyak calon pembeli? (bisa dilihat dari freekeywords.wordtracker.com atau keyword tool-nya google). Dari negara/daerah mana calon pembeli berasal (google.com/trends). Berapa kompetitor yang ada? (bisa dilihat dengan google,  yahoo, bing)

Yang ketiga, action. Jika di kehidupan sehari-hari, pebisnis membuka toko atau gerai di pasar misalnya, maka pebisnis online membuka toko nya di sebuah website atau blog. Dengan website atau blog, kita dapat meraup duit dari google adsense misalnya. Kita juga bisa memanfaatkan affiliasi, yang dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan makelar, yakni sebagai perantara transaksi orang lain. Terakhir adalah dengan website kita bisa menjual barang atau jasa produksi sendiri.

Yang keempat, tentang iklan atau promosi. Di keseharian, iklan hadir di tv-tv, koran, radio, dan sebagainya. Maka di dunia internet, iklan hadir melalui google, twitter, facebook, kaskus dan sebagainya.

Yang kelima adalah loyalitas pada pelanggan. Sejauh mana pelayanan kita dapat memuaskan pelanggan.

Yang keenam adalah duplikasi. Apabila bisnis sudah berjalan baik, maka kadang diperlukan membuka cabang atau ranting baru, demikian pula pada bisnis online!

Sangat menarik !
Dan itu semua baru pengantarnya. Agar berhasil, diperlukan bukan hanya seminar. Untuk itu diperlukan workshop selama 3 hari full. Dengan biayanya hanya sebesar Rp. 7.999.000,- untuk harga reguler. Jika mendaftar hari ini ditawarkan hanya Rp 6.999.000,-. Masih kemahalan? Tawaran terakhir adalah Rp 5.999.000,- untuk 10 orang pendaftar dan pembayar pertama ! WOW !!

Betul-betul ada udang di balik batu! Dan sesi harga ini sudah tidak menarik lagi bagi saya. Tidak ada anggaran untuk itu kawan! Tidak lama setelah dibuka sesi harga ini, kami bertiga meninggalkan ruangan Glory 2 Hotel Ciputra. Jam sudah menunjukkan pukul 12 siang lebih. Masih ada undangan acara bincang-bincang tentang Antivirus di Pameran komputer Jakarta Convention Center, jadwalnya pukul 13. (Jakarta, 3 Nopember 2012)

4 Komentar:

  1. padahal saya sdh daftar kemaren & yakin juga spt anda kalo ada udang dibalik peyek,tp positifnya dpt ilmu biarpun cuman pengantarnya doang:)

    BalasHapus
  2. Hampir aja jauh2 ke jakarta mau ninggalin anak istri buat ikut seminar "gratis" ini, ga taunya baca artikel ini ada udang dibalik tomat.. Hehe terimakasih mas bro atas review pengantar nya.. Anda menyelamatkan saya :D

    BalasHapus