Gaji guru naik dua kali lipat, bisa terjadi jika guru yang bersangkutan telah mendapat sertifikat pendidik dan nomor registrasi. Tiap bulannya akan mendapat tunjangan profesi sebesar satu kali gaji pokok. Untuk mendapatkan sertifikat pendidik dan nomor registrasi tersebut guru harus mengikuti program sertifikasi sesuai petunjuk dan pedoman yang telah ditetapkan pemerintah. Dan salah satu syarat bisa mengikuti program sertifikasi adalah sang guru harus dapat memenuhi beban kerja mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu.
Kenyataan di lapangan, tidak semua guru berada pada kondisi ideal dengan beban mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak faktor, bisa jadi itu dikarenakan sekolah berada di daerah terpencil, dan jumlah peserta didik (siswa) dan rombongan belajar (kelas) terlalu sedikit. Penyebabnya juga bisa karena jam pelajaran dalam kurikulum sedikit, semisal contoh mata pelajaran sejarah. Dalam 1 minggu terdapat hanya 1 jam pelajaran untuk tiap rombongan belajar (kelas) untuk SMA kelas X dan kelas XI IPA.
Penyebab lainnya bisa jadi bahwa jumlah guru di satu sekolah untuk mata pelajaran tertentu terlalu banyak. Ini biasanya terjadi karena kesalahan dalam proses rekrutmen atau karena perubahan beban mengajar guru dari 18 jam menjadi 24 jam pelajaran per minggu. Jumlah guru yang melebihi dari kebutuhan yang direncanakan mengakibatkan ada guru yang tidak dapat mengajar 24 jam per minggu.
Penyebab terakhir ini bisa diantisipasi oleh sekolah bersangkutan dengan yang namanya Team Teaching. Team Teaching adalah suatu sistem pengajaran yang mempunyai prinsip bahwa dalam satu kelompok belajar untuk satu mata pelajaran diampu oleh lebih dari satu orang guru. Akan ada dua atau tiga orang guru yang menangani satu jam pelajaran dalam satu rombongan belajar, di mana satu di antaranya mengajar dan menyampaikan pelajaran serta yang lainnya bertindak sebagai observer atau fasilitator. Melalui team teaching selain terakomodasi aspek metode pembelajarannya, juga akan dapat diawasi aspek lain untuk mengetahui tingkat pemahaman murid.
Team teaching dapat dilakukan oleh guru-guru dalam satu sekolah yang sama atau oleh guru-guru dari sekolah yang berbeda.
Team teaching bisa dilaksanakan apabila tuntutan kurikulum membutuhkan lebih dari satu orang guru untuk menangani satu rombongan belajar yang proses pembelajarannya merupakan satu kesatuan (tidak bisa dipisahkan tempatnya). Masing-masing guru dalam satu proses pembelajaran memiliki tugas masing-masing yang dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan dalam satu rombongan belajar.

2 Komentar:

  1. Aturan mainnya gimana pak? nggak bisa langsung main team teaching aja kan? karena kalau nggak ada aturan mainnya seolah-olah terlalu mangada-ada supaya bisa 24 jam terpenuhi. Makasih

    BalasHapus
  2. memang tidak bisa langsung main kayak main catur. untuk itu perlu konsultasi ke dinas pendidikan kab/kota masing-masing..

    BalasHapus