Materi kedua bimbingan teknis pembuatan karya tulis ilmiah guru sma dan smk kabupaten hulu sungai selatan tgl 3 September 2015 ini disampaikan oleh pak acun. Materi tentang Pendahuluan.
Karya tulis ilmiah yg dihargai adalah karya tulis yg masuk jurnal. Contohnya adalah jurnal suluh dari PGRI Kab HSS.
Pendahuluan ada Latar Belakang isinya menyebutkan kesenjangan antara kondisi ideal dengan kondisi riil. Kondisi ideal adalah kondisi yg diharapkan semestinya. Sedangkan kondisi riil adalah kondisi sebenarnya. Misalnya setelah melakukan pembelajaran kemudian dilakukan evaluasi itu kondisi riil.
Kondisi ideal: kaitkan dengan dasar hukum yg relevan, yaitu UUD 1945, UUD, Permen, pendapat pakar, atau ketentuan /kebijakan sekolah (KKM misalnya).
Salah satu kendala atau hambatan bagi penulis pemula adalah hasrat atau keinginan punya tulisan baik. Kehendak yg ini biasanya menimbulkan efek tidak mau menulis. Padahal menurut pak acun tulisan yg baik itu hadir dari tulisan yamg tidak baik. Tipsnya tulislah seadanya saja, tulis haja babarang haja. Nanti setelah menulis dibaca lagi. Nah apabila ada yg tidak baik maka ada keinginan untuk memperbaiki.
Identifikasi masalah: Bisa dilihat atau dicari Apa penyebab kesenjangan; bisa berasal dari Siswa, metode, guru dan lainnya.
Selanjutnya kita cari alasannya, misalnya kesenjangan tadi karena siswa, apa alasannya siswa sehingga menimbulkan kesenjangan. Begitu juga untuk guru
Selanjutnya adalah memunculkan alternatif pemecahan masalah yang dianggap jitu. Buatkan deskripsinya dan kaitkan dengan latar belakang dalam bentuk kalimat tanya.
Misal: apakah (sebutkan masalah) dapat ditingkatkan dengan (sebutkan alternatif pemecahan masalah). Apakah (sebutkan alternatif pemecahan masalah) dapat meningkatkan (sebutkan masalah)
0 Komentar:
Posting Komentar