Kelancaran adalah kemampuan untuk bicara “secara lancar”. Dalam bahasa Inggris, ini disebut “fluency”. Seseorang bisa sangat lancar (fluent) walaupun tata bahasa dan kosa kata masih terbatas. Jadi “kelancaran” (fluency) dan “kesempurnaan tata bahasa” (grammatical accuracy) adalah dua hal yg terpisah. Orang yg lancar itu bisa berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya secara baik tanpa sering berhenti terus utk memikirkan kosa kata dan tata bahasa.



Bagi teman-teman yg ingin meningkatkan kemampuan pidato dalam bahasa Inggris, adalah:

1. Baca teks bahasa Inggris setiap hari. 
Bisa Jakarta post atau yg serupa. Yang penting BACA. Ini akan melatih otak utk sering melihat tata bahasa dan kosa kata yg benar, sehingga ketika mau bicara atau menulis, akan terasa “normal” utk ucapkan suatu frase atau kalimat. Otak jadi terlatih melihat yg benar.

2. Bicara dgn teman dalam bahasa Inggris setiap hari. 
Bisa dgn siapa saja yang berada di dekatnya, asal orang itu sangat lancar dalam bahasa Inggris. Boleh membahas apa saja, karena yg penting adalah melatih lidah utk ucapkan kata2 dalam bahasa Inggris, dan melatih telinga untuk menangkap ucapan dari orang lain.

3. Bacakan teks dengan suara keras, kalo bisa setiap hari.
Bisa baca artikel dari Jakarta Post saja. Yang bagus adalah membaca, merekam suara sendiri (bisa bikin video di HP) dan dengarkan atau nonton sesudahnya untuk menganalisa. Kalau sering baca teks dgn suara keras, menggunakan bahasa Inggris akan terasa normal dalam waktu cepat. Dan lebih baik baca teks dari artikel koran atau majalah karena tata bahasa dan kosa kata sudah ditulis dgn benar untuk Native Speaker.

4. Sering nonton film atau acara tivi dalam bahasa Inggris.
Bisa nonton film di DVD atau YouTube, atau situs lain. Yang penting dengarkan dialog antara orang2 asing yang menggunakan bahasa Inggris. Harus bisa tangkap dua suara atau lebih dan pahami kebanyakan dari apa yg mereka bicarakan. Kl dilakukan sebanyak mungkin (bagusnya setiap hari) dalam waktu 1-2 bulan insya Allah akan terasa perubahan karena menjadi lebih mudah ucapkan bahasa Inggris saat bicara (karena telinga sudah sering dengar contohnya).

5. Dapat pelatihan Public Speaking. 
Saya biasanya berikan contoh video pidato dari Sukarno, Martin Luther King, Barack Obama dan Adolf Hitler untuk dipelajari oleh siswa. Keempat orang ini termasuk paling hebat pidato politiknya.
Public Speaking sudah lama dipelajari ilmunya. Ada bukunya dan kursus di luar negeri. Jadi teknik yg bagus (yg sering digunakan Obama dalam pidatonya) bisa dipelajari, dan kl digunakan, dampak terhadap hadirin bisa sangat luar biasa. Mereka bisa menjadi euforia tinggi (teriak2 karena bahagia sekali) atau menangis (karena begitu terharu), kl isi pidato dan penyampaiannya tepat.

Kalau teknik2 seperti ini dipelajari dan dijalankan, saya yakin dalam 3-6 bulan seorang (pemimpin) mana saja bisa mengalami perubahan signifikan dan akan terasa sekali dampaknya oleh orang2 yang hadir dan dengarkan pidatonya. Semoga bermanfaat untuk presiden, gubenur, pemimpin organisasi dan para pelajar yg mau meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya untuk masa depan.

sumber

speaking english

0 Komentar:

Posting Komentar