Ketika ditanya, "mengapa daging babi haram dimakan?". Pikiran banyak orang [Islam] akan segera mencari jawabannya secara ilmiah atau dapat diterima oleh akal sehat. Di antaranya di dalam daging babi terdapat cacing pita yang berbahaya bagi tubuh manusia, dan seterusnya hingga sepuluh macam jawaban mengapa babi haram dimakan didapatkan, bahkan bisa lebih.

Padahal sejatinya bagi seorang muslim, bukan itu jawaban yang tepat. Jawaban yang tepat sesungguhnya adalah karena pengharaman babi itu ada dalam Al Quran. Allah SWT dengan tegas mengharamkan daging babi untuk dikonsumsi. Titik. 

poster-hikmah-gerakan-sholat

Selanjutnya, perkara dibalik pengharaman itu ada apa atau ada kajian ilmiahnya itu soal lain. Itulah hikmah ketetapan Allah SWT, bukan alasan atau sebab pengharaman itu. Ini lah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Begitu ada perintah atau larangan, segera akan dilaksanakan atau ditinggalkan tanpa perlu mencari sebab musababnya. Begitu juga hendaknya kita kaum muslimin di zaman sekarang bersikap.

Dan yang pasti, dibalik ketentuan dan ketetapan Allah SWT pasti ada sesuatu yang bermanfaat bagi manusia. Begitu juga, dibalik kewajian dan larangan Allah SWT, pasti ada hikmah yang besar yang berguna demi kebaikan kita manusia. Dan ini sudah banyak dibuktikan oleh para ahli sains modern, baik dari kalangan muslim maupun non muslim.

Salah satu kewajiban seorang muslim adalah menjalankan sholat lima waktu dalam sehari semalam. Tentang kewajiban ini, kita tidak perlu menanyakan mengapa tidak tiga atau dua waktu saja. Begitu juga dengan gerakan sholat dari takbir hingga salam. Mengapa gerakan sholat wajib begitu? Kita tidak perlu menanyakannya. Pasti disana terkandung hikmah dan manfaat yang besar.

Selepas sholat zuhur di Masjid Ummu Sakinah Jalan Paseban Raya Kecamatan Senen tadi siang saya menemukan selebaran dakwah. Di antara isinya adalah tentang tertib sholat berjamaah yang benar dan hikmah dari gerakan sholat. Selebaran dakwah itu iterbitkan oleh Yayasan Dakwah Islamiah Malaysia-Indonesia, Jalan Mundu IV No 7 RT 012  RW 004 Kel. Jati  Kec. Pulogadung Jakarta Timur.

Berikut hikmah gerakan sholat yang diuraikan dalam selebaran dakwah tersebut:

Niat dan Takbiratul Ihram
Niat yang ikhlas karena Allah SWT akan mendatangkan ketenangan hati, menstabilkan emosi, meningkatkan konsentrasi dan menjauhkan stress.
Gerakan takbir melancarkan aliran darah dan limfe, menguatkan otot lengan, membuka lebar saluran pernafasan dan menjaga keseimbangan tubuh.

Sedekap
Menjauhkan gangguan persendian tubuh bagian atas. 
Menahan sementara pembuluh darah balik yang berada pada lengan kiri sehingga pembuluh darah di tangan kanan akan mengembang dan siap memberikan dorongan yang kuat saat dilepaskan.

Ruku,
Menjaga postur tubuh karena menempatkan tulang belakang pada posisi yang tepat.
Menghindari bengkoknya tulang belakang, mencegah sakit pinggang, menjaga tulang leher, tengkuk dan kelenturan sistem syaraf pusat karena dapat menstimulus sumsum tulang belakang
Merelaksasikan otot bahu, punggung bawah, paha, betis, perut, abdomen dan ginjal.

I'tidal
Ketika bangun dari ruku, aliran darah akan turun langsung dari kepala, menyebabkan bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Kondisi ini berguna untuk menghilangkan sakit kepala dan mencegah pingsan secara tiba-tiba. Selain itu juga sebagai latihan bagi organ-organ pencernaan.

Sujud
Memaksimalkan pompa darah dan oksigen ke otak, mata, telinga, leher, pundak dan hati.
Membongkar sumbatan darah di pembuluh jantung, mencegah stroke dan meningkatkan daya pikir.
Memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak serta menghindarkan dari gangguan wasir.
Bagi wanita, bermanfaat besar bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Iftirasy
Memberikan refleksi lembut pada syaraf-syaraf kaki, mencegah komplikasi sumbatan arteri, vena dan komplikasi penyakit diabetes yang berupa pembusukan kaki akibat gangguan pembuluh darah.
Mengurangi efek racun dalam hati dan merangsang gerakan peristatik usus besar sehingga proses pencernaan menjadi lancar.
Mencegah pengapuran dan menghindarkan nyeri pada pangkal paha.

Duduk Tawaruk
Memperbaiki organ reproduksi.
Merelaksasi otot betis, sehingga terjadi pemulihan dan bebas dari timbunan asam laktat yang menyebabkan nyeri dan kelelahan
Mencegah impotensi, menjaga kelenturan dan kekuatan organ gerak, melancarkan peredaran darah dan menghindarkan pengapuran.

Salam
Menjaga kelenturan urat leher, memperkuat otot dan seluruh struktur leher berikut fungsi refleks, mengoptimalkan kalenjer getah bening yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh.
Kontraksi otot di kepala menghasilkan energi panas dan zat-zat yang diperlukan untuk rehabilitasi jaringan yang rusak.
Mencegah sakit kepala dan tengkuk kaku, juga meningkatkan konsenstrasi dan menjaga kekencangan kulit wajah.


Meskipun tidak disebutkan referensi dari buku mana, semua hikmah gerakan sholat yang terdapat dalam selebaran tersebut cukuplah bagi kita untuk menambah keyakinan kita akan perintah Allah SWT. Lebih lanjut tentang hikmah dan manfaat gerakan sholat ini bisa dibaca dari buku-buku tentang gerakan sholat. Sudah banyak buku yang membahasnya, baik dari penulis Indonesia maupun penulis dari luar negeri. Saya beberapa melihatnya baik di toko buku Gunung Agung maupun Gramedia. Semoga bermanfaat.

[14/01/2013]

0 Komentar:

Posting Komentar